Monday 26th June 2017

Indonesia Peringkat 109 Dunia untuk Kebersihan Toilet

By: On:

toiletSPI – Toilet umum menjadi permasalahan serius yang harus dibenahi oleh pemerintah, khususnya di kawasan objek pariwisata. Saat ini, kebersihan toilet umum di Indonesia masih berperingkat di atas 100.

Berdasarkan laporan Travel and Tourism Competitivenes Index (TTCI), Indonesia berada di peringkat 109 dari 148 negara.

“Ada banyak keluhan wisatawan terkait toilet. Begitu kita lihat TTCI, masalah kesehatan health hygiene kita ranking bawah, 109 dari 141,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata, Dadang Rizki, saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, 5 Desember 2016.

Fakta itu pun memotivasi Kemenpar dan stakeholder terkait untuk terus meningkatkan kualitas toilet umum di Indonesia. Mulai dari bandara, kawasan konservasi hingga pasar dan penginapan sekelas homestay. Oleh sebab itu, diadakan lomba sayembara desain toilet umum.

Tujuannya adalah untuk memperbaiki kualitas toilet umum. Malah ada rencana untuk memperbanyak kuantitas toilet umum di tempat wisata. “Kami dengan Kementerian LHK dan BUMN sudah membuat nota kesepahaman tentang toilet di tempat wisata,” kata Dadang.

Hal senada juga diutarakan oleh Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Oneng. Dijelaskan oleh Oneng, Indonesia sangat kekurangan fasilitas toilet. Khususnya di pegunungan hingga pantai. Padahal, dua destinasi itu sangat diminati wisatawan.

“Intinya, masih sangat kurang untuk toilet-toilet bersih di pegunungan maupun destinasi di pantai,” ujar Oneng.