Monday 26th June 2017

Konsumsi Kacang Mampu Turunkan Risiko Penyakit Jantung

By: On:

kacangSPI – Kacang-kacangan kaya akan lemak baik dan serat, serta merupakan makanan yang sehat untuk jantung. Menurut sejumlah penelitian, kacang-kacangan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Dilansir Time, sebuah kelompok peneliti internasional yang mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal BMC Medicine, melakukan analisis 29 penelitian mengenai kacang-kacangan dan manfaat kesehatannya untuk mencari tahu apakah makanan ini juga bermanfaat untuk menghindarkan risiko penyakit lain seperti diabetes dan kanker.

Hasilnya, dari data lebih dari 800 ribu orang mereka menemukan manfaat luar biasa memakan kacang-kacangan untuk tubuh.

Dikatakan bahwa orang yang mengonsumsi segenggam atau sekitar 20 gram kacang jenis apapun seperti hazelnut, kenari, kacang pikan dan almond, atau kacang tanah, dalam satu hari, mereka bisa menurunkan hingga hampir 30 persen angka penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak memakannya.

Selain itu, mereka juga memiliki risiko 15 persen lebih rendah terkena kanker dan 22 persen lebih rendah mengalami kematian dini karena sebab apapun. Orang yang rutin mengonsumsi kacang juga dapat memangkas risiko mereka mengalami kematian karena penyakit pernapasan hingga setengahnya. Mereka juga dapat mengurangi risiko diabetes hingga hampir 40 persen.

Hasil yang sama juga dihasilkan dari berbagai populasi dari area geografis yang berbeda yang diikutkan dalam penelitian. Baik wanita maupun pria mendapat manfaat yang sama. Jenis kacang yang dikonsumsi juga tidak memberikan hasil yang jauh berbeda. Mereka yang rajin mengkonsumsi semua jenis kacang secara konsisten menunjukkan angka terkena penyakit besar yang lebih rendah.

Kacang dapat memberikan manfaat ini karena kandungannya yang kaya akan serat, zat gizi, dan antioksidan. Meski tinggi kalori dan lemak, namun sebagian besar kandungan kacang adalah lemak sehat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Serat dan protein yang tinggi di dalam kacang juga dapat mengurangi kelebihan berat badan karena kebiasaan makan berlebih. Mereka juga padat kandungan antioksidan yang dapat melawan kerusakan sel yang dipicu oleh kanker.