Gempa Bumi di Aceh Dipicu Sesar Aktif

Nasional, Slide Semua Kategori Berita

SPI-Jakarta

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, M Riyadi menduga gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh karena dipicu sesar aktif. Riyadi menyebut peristiwa tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal.

“Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Berdasarkan peta tataan tektonik Aceh tampak bahwa di zona gempabumi memang terdapat struktur sesar mendatar,” kata Riyadi, Rabu (7/12/2016).

Dia menambahkan bacaan dari peta itu sesuai dengan analisis BMKG. Dugaan BMKG sesar aktif pemicu gempa bumi itu adalah Sesar Samalanga-Sipopok Fault.

“Ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan bahwa gempa bumi Pidie Jaya dibangkitkan oleh aktivitas sesar mendatar (strike-slip fault). Dugaan kuat sesar aktif yang menjadi pembangkit gempa bumi ini adalah Sesar Samalanga-Sipopok Fault yang jalur sesarnya berarah barat daya-timur laut,” jelas dia.

Sementara itu dari hasil pantauan BMKG, kata Riyadi, hingga pukul 05.30 WIB sudah terjadi beberapa gempa susulan. Tren kekuatan gempa bumi itu semakin kecil.

“Hasil monitoring BMKG menunjukkan hingga pukul 5.30 WIB sudah terjadi gempabumi susulan sebanyak 5 kali dengan kekuatan terbesar M=4,8. Tampak bahwa tren kekuatan gempa bumi susulan semakin kecil,” bebernya.

Riyadi menegaskan gempa ini tidak berpotensi tsunami. Dia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik.

“Sehingga masyarakat dihimbau agar tetap tenang, selanjutnya mengikuti arahan BPBD setempat dan tidak terpancing isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tutup dia(ams/spi)

 

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan