AKBP Paisal Pimpin Tim Gabungan Jatanras Polda Sumut, Buru Pelaku Pembunuhan Anggota Polri

Hukum & Kriminal

 

Medan,spi.com – Tim gabungan Jatanras polda sumut , polres pelabuhan Belawan ,Polsekta Medan labuhan , polres Tapsel , polsek batang Toru di bawah pimpinan Kasubdit 3 Reskrimum Polda ┬áSumut AKBP.Faisal Napitupulu, SIK.berhasil mengejar pelaku otak pembunuh Aipda Jakamal Tarigan di tempat persembunyiannya Tapanuli Selatan.

Soza Naulo Lembu(35) kesehariannya sebagai pengangguran,atau lebih dikenal sebagai begundal di tempat tinggalnya Jalan Pembangunan pasar 4 tanah garapan.Berawal dari permasalahan sepele dengan warga yang tidak jauh dari tempat tinggal pelaku.Dan,permasalahan tersebut telah diselesaikan Aipda Jakamal Tarigan yang juga di anggap sebagai tokoh di tempat tinggalnya.

Namun,”segerombolan warga suku Nias yang juga sebagai penggarap di daerah tersrbut tidak terima begitu saja”.Dengan menyusun strategi di komandoi Soza Lembu melakukan penyerangan terhadap anggota Polisi tersrbut.Dengan ganasnya mereka menghabisi oknum polisi tersebut,para pelaku telah melakukan pembunuhan berencana pasal 338/340 KUHP.

Kronologis penagkapan :
Pada hari selasa tgl 6/6/2016 Tim gabungan mendapatkan info keberadaan tersangka di Sibolga berdasarkan info tersebut tim melakukan lidik ke Sibolga , kemudian di peroleh informasi bahwa keberadaan tersangka berada di rumah saudaranya yang ada di Wilayah hukum Batang Toru

 

Selanjutnya,tim bergabung dengan Polres Tapanuli Selatan dan PolsekBatang Toru, kemudian tim menuju ke rumah tersebut. Pada hari Rabu 7/6/2017 pukul 00.30 Wib dini hari tim melakukan penggeledahan terhadap 2 rumah di Kelurahan Ria Niate namun tidak di temukan tersangka.

Berdasarkan informasi dari saudara Januarman Halawa,bahwa tersangka berada di Dusun Aek Samata dengan kondisi Medan yang  tidak bisa di lalui kendaraan.Sehingga tim terpaksa menempuh perjalanan menyusuri bukit selama 3 jam perjalanan.Dan dilokasi tersebut di temukan tersangka berada di kamar dengan membawa sebilah pisau di tangan kiri, dan berusaha mencoba lari dengan menyerang petugas.

Dalam posisi terjepit, petugas melakukan tindakan tegas terukur melumpuhkan tersangka ,mengakibatkan luka tembak.Dengan kondisi Medan yang begitu sulit,tersangka dibawa petugas menuju rumah sakit untuk pertolongan namun,tersangka meninggal dalam perjalanan karena kehabisan darah.(spi/red/yudi)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan