Ketua JOIN Sumut,Jadikan Anggota Jurnalis Mental Profesional

Sumut

 

Medan,spi.com ~ Sebagai wadah tempat bekumpulnya para jurnalis dari media online, Jurnalis Online Indonesia (JOIN) berkomitmen untuk menjadikan anggotanya profesional. Komitmen itu disampaikan Ketua Umum JOIN Sumut Lindung Pandiangan SH pada acara silaturahmi dan berbuka puasa di Hotel Grand Antares Ruang Saturnus Jalan Sisingamangaraja Medan, Jumat (9/6/2017).

“JOIN terbentuk pada tanggal 20 Mei 2016 yang lalu, dan sudah diakui oleh Kemenkumham pada tanggal 16 Mei 2017. Jadi JOIN ini sudah sah secara hukum sebagai wadah para Jurnalis online,” ujar Lindung Pandiangan.

Lebih lanjut Lindung memberi alasan pembentukan wadah JOIN ini karena selama ini belum adanya terbentuk wadah untuk para insan pers media online. Jadi di lapangan para wartawan media online sering disepelekan.

“Memang sudah ada dibentuk lembaga yang lain untuk para jurnalis media online, tetapi belum sah di mata hukum karena belum terdaftarnya di Kemenkumham. Jadi pantas kalau dewan pers tidak mengakuinya,” ujarnya lebih lanjut.

Ada sejumlah program yang ingin diusung JOIN supaya para wartawan media online bisa profesional dan tidak menjadi tukang minta-minta yang sering disebut para pejabat pemerintah dan dinas-dinas lainnya.

“Selain program pelatihan wartawan supaya lebih mendasari Undang-undang pers, JOIN juga punya program untuk menyediakan BPJS Ketenagakerjaan supaya para jurnalis bisa mendapatkan jaminan kesehatannya baik saat meliput atau dalam kegiatan lainnya, karena jurnalis penuh dengan resiko,” pungkasnya. (spi/red/sus)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan