Polres Langkat Amankan Ratusan Bal Ganja Yang Akan di Kirim Ke Medan

Hukum & Kriminal

Langkat,spi.com  Bandar narkoba sepertinya tidak gentar dengan aparat Polisi dan TNI. Walaupun sudah berulangkali di bekuk namun mereka tetap mengirim barang haram tersebut ke Sumut dengan menumbalkan supir dan kenek truk yang mengangkat rumput Aceh yang terkenal dahsat.Walaupun sebelumnya Polres Lsngkat mengamankan dan menyita ganja seberat 10 Kg.         

Tim opsnal narkoba Polres Langkat kembali mengamankan 2(dua) orang tersangka yang di duga membawa narkoba jenis ganja pada hari kamis tanggal 15 Juni 2017 pukul 20.00 WIB di Jln. Lintas Sumatera Kel. Dendang Kec. Stabat Kab. Langkat.

Kedua orang tersangka yang ditangkap merupakan Supir Truk Interkuler berinisial I (43) warga Desa Peukan Tuha Kec. Simpang Tiga Kab. Pidie beserta kernetnya berinisial M (32) warga Desa Glumpang Menyeuk Kab. Pidie.

Kapolres Langkat AKBP Dede Rojudin, SIK. MH menjelaskan dari tangan kedua tersangka, petugas berhasil menyita 549 (lima ratus empat puluh sembilan) ball di balut lakban coklat ukuran besar diduga berisikan narkotika jenis ganja yang ditaksir seberat 549 kg serta 1 (satu) unit truk intercoler.

“Sebelumnya petugas mendapatkan info dari masyarakat terkait aksi tersangka. Petugas kemudian mendapati keberadaan tersangka dan melakukan pengejaran terhadap truk interkuler tersebut. Setelah berhasil dihentikan,ditemukan didalam truk tersebut ratusan bal berisikan daun ganja kering,” jelas AKBP Dede.

AKBP Dede menjelaskan saat dilakukan pengejaran pada Rabu malam (14/6) sekira pukul 20.00 wib oleh Tim Sat Narkoba Polres Langkat, Tersangka  yang mengendarai truk tersebut mencoba melarikan diri. Namun karena laju truk tidak terkendali kemudian menabrak Mobil Sedan Honda City milik salah satu warga.Truck interkuler juga menabrak Truk cold diesel warna kuning bermuatan kayu sehingga truck cold diesel tersebut menabrak kedai kelontong milik warga.

“Pengejaran berakhir sampai disimpang Zais Tandam Hilir I kec. Hamparan Perak Kab. Deli Serdang usai menabrak sebuah kedai kelontong milik warga. Sehingga mobil truck interkuler yang diduga membawa narkotika jenis ganja tersebut berhenti dan dilakukan pemeriksaan oleh Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Langkat terhadap tersangka dan truck interkuler yang juga di bantu Polsek Tandem Hilir Polres Binjai,” ujarnya pada awak media.

Setelah dilakukan pemeriksaan, tersangka I yang berperan sebagai supir truck tersebut mengakui, narkotika jenis ganja tersebut dikemas didalam peti diletakan dipinggir jalan daerah kuala simpang Kab. Aceh Tamiang oleh seseorang yang bernama Samsul yang kini berstatus DPO.  Samsul kemudian menghentikan truck interkuler tersebut untuk membawa barang haram tersebut untuk  dibawa ke Kota Medan.

“Tersangka yang berperan sebagai kurir dijanjikan dengan imbalan uang minyak sebanyak Rp. 1.000.000 ditambah ongkos setelah sampai ketujuan,” ujar Kapolres.

Kini petugas telah mengamankan barang bukti ke Polres Langkat sedangkan kedua tersangka dibawa ke RS Umum Surya Stabat Langkat untuk penanganan Medis karena mengalami luka saat dilakukan penangkapan. Setelah mendapat penanganan medis selanjutnya tersangka  dibawa ke Sat Narkoba Polres Langkat untuk proses hukum lebih lanjut.“Kita masih melakukan pengembangan terhadap jaringan pelaku narkoba antar Provinsi ini,” ujar Kapolres.(spi/red/zikri/jojo)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan