Kirab Merah Putih Warnai Pestival Merah Putih Pemalang

321

 

Pemalang,spi.com – Ulama kharismatik KH.Habib Luthfi bin Ali bin Yahya dari Pekalongan kibarkan bendera start dimulainya kirab Merah Putih Festival Merah Putih Pemalang, Rabu (23/8) di halaman Pendopo Pemkab Pemalang.

Sebelum dilaksanakan pengibaran bendera start, dilaksanakan seremonial penyerahan bendera Merah Putih secara estafet dari KH.Habib Luthfi bin Ali bin Yahya kepada anggota LVRI Pemalang kemudian diserahkan kepada Bupati Pemalang dan selanjutnya diserahkan kepada salah seorang personel pengawal bendera Merah Putih dan selanjutnya bendera dinaikkan ke kendaraan untuk dikirab dengan pengawalan ketat dari TNI dan Polri.

Kirab Merah Putih sejauh kurang lebih 45 Km dari titik start di halaman pendopo Pemkab Pemalang menuju tempat dilaksanakannnya upacara pengibaran bendera Merah Putih di Gunung Jimat Desa Mendelem Kec.Belik Kab.Pemalang.

Sepanjang perjalanan kirab Merah Putih, tak henti-hentinya warga masyarakat sepanjang rute kirab mengelu-elukan dengan meriahnya kegiatan kirab tersebut. Tidak hanya orang tua dan orang dewasa, para pelajar dari TK hingga SMA/SMK turun ke jalan seraya membawa dan melambaikan bendera Merah Putih menyambut kedatangan rombongan kirab.

Festival Merah Putih dengan dilaksanakannya kirab ini yang diikuti lebih dari 500 kendaraan yang digagas Kodim 0711/Pml, diikuti peserta dari berbagai unsur baik Pemerintah Kabupaten Pemalang, TNI Kodim 0711/Pml, Polri Polres Pemalang, ormas, LSM, Pelajar, Mahasiswa maupun masyarakat umum lainnya.

Dalam kirab Merah Putih Festival Merah Putih ini juga terlihat Duta Wisata Pemalang, Forum Komunikasi Waria Pemalang yang menampilkan kreasi busana budaya nasional Indonesia, komunitas sepeda motor dan mobil antik, hadroh maupun kesenian tradisional lokal daerah Pemalang.

Usai melaksanakan kirab Merah Putih dalam rangka peringatan HUT Ke-72 Republik Indonesia, dilanjutkan apel kebangsaan yang dipimpin Bupati Pemalang H.Junaidi dan dilaksanakannya pengibaran Bendera Merah Putih raksasa panjang 72 meter lebar 45 meter di bukit Gunung Jimat Desa Mendelem Kec.Belik Kab.Pemalang oleh para generasi muda Pemalang yang tergabung dalam Organisasi Pecinta Alam (OPA) Shabawana dengan diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan penghormatan.

Usai dilaksanakannya pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan orasi kebangsaan Bupati Pemalang H.Junaidi, sambutan Staf Ahli Panglima TNI Brigjen TNI M.Haryanto dan ditutup Tausyiah KH.Habib Luthfi bin Ali bin Yahya dilanjutkan Doa bersama.(spi/penrem)