Kapolri : Nantinya Densus Tipikor Akan Dipimpin Inspiktur Jenderal

Nasional

Jakarta,spi.com – Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian menggelar rapat kerja dengan Komisi III DPR. Salah satu yang dibahas terkait pembentukan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor). Dalam rapat, Tito menjelaskan rencana struktur yang akan dipimpin jenderal bintang dua tersebut.

“Terkait Densus Tipikor akan dipimpin (jenderal) bintang dua. Nanti ada satgas-satgas, tipe A, tipe B, tipe C. Nantinya kepala Densus Tipikior di bawah kapolri langsung,” kata Tito di ruang Komisi III, gedung Nusantara II, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 12 Oktober 2017.

Dia menjelaskan, secara anggaran sudah terhitung untuk pembiayaan Densus Tipikor dari segi gaji hingga fasilitas kerja. Ia juga berharap kelebihan yang dimiliki Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bisa diterapkan di Densus Tipikor.

“Bisa kami penuhi yang ada dari anggaran, sudah dihitung bahwa dipikirkan tentang penggajian kepada anggota-anggota ini. Biar mereka sama dengan KPK, sistem anggaran dan sistem indeks. Kelebihan di teman-teman KPK mungkin bisa diterapkan ke Densus Tipikor,” tuturnya.

Ia menekankan, saat ini Polri juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terkait pembentukan Densus Tipikor.

“Saat ini kami masih berkoordinasi dengan Kemen-PAN. Nanti bagaimana soal belanja barang, lidik dan penyidikan serta lain-lain,” ujar mantan kapolda Metro Jaya tersebut.(spi/red/dp)

 

Tinggalkan Balasan