Bombet Tu-95 MS Bermuatan Rudal Nuklir 10 Kali Bom Hirosima Lintasi Laut Jepang

Nasional

Moskow ~ Bomber Tu-95 MS yang memuat rudal nuklir berkekuatan 10 kali bom atom Hiroshima, terbang melintasi perairan internasional Laut Jepang dan Samudera Pasifik.

Rute penerbangan pesawat pembom strategis milik Rusia ini mendapat kawalan tidak hanya dari jet tempur Su-35S, tetapi juga jet tempur Amerika Serikat (AS) dan Jepang. Demikian pernyataan resmi Kementerian Pertahanan Rusia yang dirilis oleh TASS, Senin (30/10/2017).

“Dua pembom strategis Tupolev-95MS dari Angkatan Udara Rusia telah melakukan penerbangan rutin melintasi perairan internasional Laut Jepang dan bagian barat Samudra Pasifik. Pada bagian-bagian tertentu dari rute, awak Tupolev-95MS didampingi oleh sepasang F-18 (Angkatan Udara AS), dan sepasang pesawat tempur F-15, F-4 dan F-2A (Angkatan Udara Jepang), “kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Selama misi, pesawat jarak jauh Tupolev-95MS dikawal oleh jet tempur multirole Rusia Sukhoi-35S.

“Kru penerbangan jarak jauh melakukan penerbangan reguler melalui perairan internasional Arktik, Atlantik, Laut Hitam dan Samudera Pasifik. Semua penerbangan sesuai dengan peraturan internasional untuk menggunakan wilayah udara, tanpa adanya pelanggaran terhadap perbatasan negara lain,” kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Bomber Tu-95MS mampu membawa 16 rudal jelajah Kh-55 (NATO : AS-15 Kent) -enam di dalam peluncur putar MKU 5-6, dan 10 di tiang sayap eksternal. Setiap rudal mampu membawa hulu ledak nuklir seberat 200 kiloton, yang mampu menghasilkan sebuah ledakan kira-kira sama dengan 10 kali bom atom yang menghancurkan Nagasaki.(spi/tass)

 

Tinggalkan Balasan