Kodam IV/DIP Luncurkan Sekolah terbuka Kepahlawanan Pangeran Diponegora

Daerah

Banyumas,sinarpagiindonesia.com – Kodam IV Diponegoro meluncurkan sebuah sekolah terbuka Kepahlawanan Pangeran Diponegoro secara serentak, tak terkecuali di Kabupaten Banyumas. Di Purwokerto peluncuran sekolah tersebut dipusatkan di SMA Negeri 2 Purwokerto, Jumat (10/11).

“Sekolah terbuka itu bukan seperti sekolah formal. Sekolah ini sebagai upaya menggali nilai-nilai sejarah dan jiwa kepahlawanan, dari tokoh-tokoh pahlawan yang ada untuk ditransformasikan menjadi semangat bagi generasi muda,” terang Danrem 071 Wk Kolonek Inf Suhardi.

 

Selain itu menurut Danrem, siswa-siswi SMA atau SMK dipilih karena mereka merupakan generasi yang siap menjadi generasi produktif. “Setelah SMA mereka berlanjut ke perguruan tinggi, selain itu gempuran proxy war juga banyak yang menyasar siswa SMA. Sehingga dengan adanya sekolah terbuka ini dapat memupuk semangat kepahlawanan generasi muda,” ujarnya.

Sehingga generasi muda yang mengerti soal sejarah, bisa menjadi lebih bersemangat dalam mengisi kemerdekaan. Hingga kemudian hari, katanya, bisa menjadi pahlawan masa kini.

Saat peluncuran tersebut, para siswa yang berada di SMA N 2 Purwokerto diminta untuk menuliskan tulisan tentang kekagumannya kepada pahlawan nasional. Kemudian setelah mereka menulis harus mengirimkan tulisan tersebut melalui kantor pos ke alamat yang mereka kehendaki.

Menurut seorang siswa SMA Negeri 2 Purwokerto, Fahriza dirinya menulis tentang tulisan kekagumannya terhadap Jenderal Ahmad Yani, dirinya mengaku menulis tentang pahlawan tersebut. “Karena saya kagum terhadap beliau jadi saya tulis tentang beliau. Saya sekarang bingung mau kirim ke mana,” kata dia.(spi/penr)

Tinggalkan Balasan