Danrem 071/WK : Pegang Teguh Netralitas TNI

Daerah

Banyumas,spi.com – Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi dalam Jam Komandannya saat menyampaikan amanat Upacara Bendera Awal Bulan Desember 2017, Senin (4/12) di Lapangan Upacara Makorem 071/Wk Jl.Gatot Subroto No.1 Sokaraja Banyumas, menyampaikan penekanannya kepada seluruh prajurit dan ASN TNI baik Makorem 071/Wk dan Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk maupun prajurit dan ASN Kodim jajaran Korem 071/Wk.

Danrem 071/Wk, menekankan kepada seluruh prajurit dan ASN nya agar selalu memegang teguh Netralitas TNI, karena pada 2018 yang akan datang akan diselenggarakannya Pemilukada serentak diseluruh tanah air, baik pemilihan Bupati/Walikota maupun Gubernur.

Dikatakan, wilayah jajaran Korem 071/Wk yang akan melaksanakan Pilkada serentak tersebut yakni Kab.Tegal, Kota Tegal dan Kab.Banyumas, serta Pilgub Jawa Tengah, yang kesemuanya pilkada tersebut dilaksanakan serentak.

“Menyikapi Pilkada serentak tersebut, saya tekankan kepada seluruh prajurit jajaran Korem 071/Wk baik yang secara langsung diwilayahnya ada Pilkada maupun yang tidak, untuk tetap memegang teguh Netralitas TNI”, jelasnya.

“Setiap prajurit, harus mengedepankan Netralitas TNI dalam setiap tahapan proses Pilkada. Hal ini, sesuai perintah dari komando atas agar prajurit TNI beserta ASN TNI untuk wajib kedepankan Netralitas TNI”, tegasnya.

“Netral tidak melibatkan kegiatan politik praktis, tidak memihak salah satu pasangan calon dan tidak terpengarug ajakan partai politik manapun untuk turut serta memperjuangkan kepentingannya”, terangnya.

“Tidak melibatkan diri dalam politik praktis, berarti tidak turut kegiatan dukung mendukung pasangan calon pilkada”, jelasnya.

Danrem 071/Wk juga menegaskan apabila ada prajurit dan ASN TNI nya yang tidak netral, akan mendapat sanksi dan tindakan tegas.

“Apabila ada prajurit dan ASN TNI, yang menyalahgunakan dan mencederai komitmen Netralitas, akan mendapat sanksi dan tindakan tegas sesuai ketentuan dalam TNI”, tegasnya.

“Apapun pangkat dan golongan serta jabat nnya, saya minta Jaga dan Pegang Teguh Netralitas TNI. Jangan ciderai dan jangan salahgunakan komitmen Netralitas ini untuk kepentingan sesaat, kepentingan diri atau kepentingan kelompok tertentu”, jelasnya.

Selain menekankan Netralitas TNI kepada prajurit dan ASN TNI, Danrem 071/Wk menyampaikan agar setiap prajurit untuk selalu hadir ditengah masyarakat, prajurit harus dapat berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Karena hal ini dapat memberikan kontribusi positif demi kemajuan satuan maupun lingkungan masyarakatnya dimanapun berada dan bertugas.

“Lanjutkan hal yang positif dan selalu berinovasi serta berkreasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Prajurit harus mampu mengantisipasi berbagai bentuk ancaman yang nampak ataupun tidak, yang sudah merasuk keseluruh sendi kehidupan dalam berbangsa dan bernegara”, ujarnya.

“Bina terus soliditas satuan, tegakkan rantai komando dan mantapkan kesatuan komando disetiap satuan. Hal ini akan tercipta loyalitas tegak lurus, jelas dan tegas. Waspadai setiap perkembangan situasi diwilayah, laksanakan temu cepat dan lapor cepat secara hierarkis bila ada indikasi tindakan ketidaknetralan prajurit dan ASN TNI. Hal ini guna segera diberikan tindakan, sehingga hal ini tidak menghambat, mengganggu atau menggagalkan pilkada”, terang Danrem 071/Wk.(spi/penrem)

Tinggalkan Balasan