Kesuwun Pak TNI,Griya Kula di Dandani Dadi Apik

0
16

Banyumas,spi.com – Ungkapan sederhana namun bermakna dan berarti dari seorang nenek anggota Legiun Veteran Republik Indonesia diwilayah Banyumas yakni Ibu Lasem (90) yang tinggal di RT.05 RW.06 Kel. Rejasari Kec. Purwokerto Barat Kab. Banyumas, yang mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada prajurit TNI AD yang telah membantu memugar dan membuatkan tempat tinggalnya menjadi lebih sehat, bersih dan nyaman.

Ia yang tinggal bersama salah seorang anaknya bersama cucunya tersebut, merupakan salah seorang sesepuh dan pinisepuh TNI dari anggota veteran yang telah berjasa mengorbankan jiwa dan raganya bahkan hartanya demi memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia.

Walaupun dalam berkehidupan yang serba kekurangan, namun ia tetap tegar menghadapi kehidupannya bersama keluarganya.

Ibu Lasem merupakan salah satu tokoh pejuang wanita semasa pergolakan kemerdekaan Indonesia, yang salah satu sesepuh dan pinisepuh TNI yang mendapatkan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika Tahun 2017 Kodam IV/Dip.

Kodam IV/Dip dalam rangkaian kegiatan semarakkan Hari Juang Kartika Tahun 2017, berbagai kegiatan dilakukan yang salah satunya RTLH dan berbagai kegiatan lainnya yang menyentuh hati rakyat dan untuk kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Pada peringatan Hari Juang Kartika Tahun 2017 ini yang jatuh pada 15 Desember 2017 yang akan datang, Korem 071/Wk ditunjuk langsung Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos.,M.Si. sebagai tempat puncak peringatan Hari Juang Kartika Tahun 2017 terpusat Kodam IV/Dip, yang pada tahun-tahun sebelumnya Hari Juang Kartika dipusatkan di Palagan Ambarawa, pada tahun ini dilaksanakan terpusat di Purwokerto.

Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi menyampaikan, kegiatan bedah rumah veteran dalam program RTLH ini dalam rangka semarakkan peringatan Hari Juang Kartika Tahun 2017, sebagai bentuk dan wujud kita menghargai dan menghormati jasa para veteran sebagai sesepuh dan pinisepuh TNI dalam memperjuangkan dan mempertahankan bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai bersama ini.

“Tanpa mereka para pejuang bangsa ini, mungkin bangsa Indonesia tidak pernah ada. Dari merekalah, bangsa Indonesia masih tetap tegak kokoh berdiri hingga sekarang. Karenanya, saya mengajak kepada segenap warga bangsa khususnya diwilayah jajaran Korem 071/Wk.

Janganlah melupakan sejarah bangsa kita, karena bangsa dan negara ini ada karena dari mereka para pejuang bangsa yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan dengan jiwa dan raga bahkan hartanya demi bangsa dan negara Indonesia.

Begitupula kepada prajurit TNI khususnya prajurit Korem 071/Wk, sebagai prajurit TNI harus terus terpatri dalam jiwa dan raga menanamkan nilai kejuangan yang diberikan para pendiri bangsa ini, patriotisme dan nasionalisme harus selalu berkobar demi keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Demikian pula dengan kemanunggalan TNI dengan rakyat, harus terus terbina, terawat dan terjaga dengan baik. Karena kemanunggakan TNI dengan rakyat adalah inti dari mempertahankan keutuhan dan kedaulatan NKRI demi persatuan dan kesatuan untuk tegak kokohnya NKRI yang kita cintai bersama.

Prajurit harus mengayomi dan melindungi rakyatnya, prajurit harus mencintai rakyatnya sehingga TNI selalu dicintai dan didambakan rakyatnya. Prajurit harus selalu berada ditengah masyarakat, berbaur dan berkumpul bersama masyarakat. Prajurit harus dapat memberikan contoh dan teladan bagi masyarakatnya, TNI dari rakyat, untuk rakyat dan oleh rakyat.

Sementara itu, Ibu Lasem mengungkapkan apresiasinya atas apa yang dilakukan TNI khususnya Korem 071/Wk yang telah memperbaiki dan merehab rumahnya agar menjadi rumah yang layak huni dan sehat serta nyaman.

“Kesuwun Pak TNI, griya kula dadi apik (terima kasih bapak TNI, rumah saya jadi bagus)”, ungkapnya.

“Semoga apa yang dilakukan TNI mendapat barokah dan pahala dari Allah SWT, dan semoga TNI selalu jaya dan selalu mendapatkan hati dimasyarakatnya. Semoga TNI selalu mengayomi dan melindungi rakyatnya, TNI selalu manunggal dengan rakyat. Selamat Hari Juang Kartika Tahun 2017, semoga TNI AD selalu jaya”, paparnya.(spi/penrem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here