Korem 071/WK Persiapkan Prasarana Hari Juang Kartika Tahun 2017 Terpusat di Kodam IV/DIP

0
77

Purwokerto,spi.comPeringatan Hari Juang Kartika Tahun 2017 dilaksanakan dalam rangka melestarikan tradisi juang prajurit TNI AD dan untuk kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Korem 071/Wk pada gelaran Hari Juang Kartika Tahun 2017, ditunjuk langsung Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos, M.Si. sebagai tempat dilaksanakannya Hari Juang Kartika Tahun 2017 terpusat Kodam IV/Dip.

Berbagai kegiatan peringati Hari Juang Kartika Tahun 2017 ini akan dilaksanakan diwilayah Banyumas antara lain Upacara Parade Hari Juang Kartika Tahun 2017 di Alun-alun Purwokerto, dan kegiatan rangkaian setelah pelaksanaan Upacara Parade yakni Bhakti Sosial, Drama Kolosal, Syukuran, Pemberian Santunan dan Hiburan Rakyat.

Dalam rangkaian kegiatan menyemarakkan Hari Juang Kartika Tahun 2017, juga akan dilaksanakan berbagai kegiatan yang kesemuanya dilaksanakan sebelum puncak Peringatan Hari Juang Kartika pada 15 Desember 2017, yakni Donor Darah, Khitan Masal, Operasi Katarak dan Pengobatan Masal yang pelaksanaan kegiatan tersebar di tingkat Korem jajaran Kodam IV/Dip.

Karya Bhakti berupa bersih lingkungan sekitar dan tempat ibadah, bedah rumah (RTLH), dan penghijauan. Karya Bhakti ini, dilaksanakan bersama komponen bangsa dan masyarakat yang ada diseluruh wilayah jajaran Kodam IV/Dip.

Pelaksanaan kegiatan itu sendiri sudah mulai berlangsung dengan dilaksanakannya bedah rumah atau RTLH bagi para pejuang kemerdekaan atau veteran kemerdekaan diseluruh wilayah khususnya diwilayah jajaran Korem 071/Wk. Bedah rumah veteran diseluruh wilayah jajaran Korem 071/Wk sebanyak 20 unit dengan masing-masing satuan Kodim jajaran Korem 071/Wk 2 unit ditambah Makorem 071/Wk 2 unit.

Menjelang puncak peringatan Hari Juang Kartika Tahun 2017 pada 15 Desember mendatang, akan dilaksanakan Ziarah dipimpin Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si. di Taman Makam Pahlawan Tanjung Nirwana Purwokerto, dilanjutkan Wawasan Kebangsaan di SMA Negeri 1 Purwokerto dan Unsoed Purwokerto.

Usai Ziarah dan Wasbang, akan dilaksanakan Doa Bersama Komponen Bangsa dan Elemen Masyarakat diwilayah.

Dalam rangka menyemarakkan Hari Juang Kartika Tahun 2017 pula, Kodam IV/Dip akan menggelar Lari 10 K di wilayah Korem 073/Mkt Salatiga pada Minggu, 10 Desember 2017.

Guna mempersiapkan event gelaran Peringatan Hari Juang Kartika Tahun 2017 yang sebelumnya pada tahun-tahun sebelumnya kegiatan dilaksanakan di Palagan Ambarawa, Korem 071/Wk semenjak ditetapkan sebagai tempat terpusat Hari Juang Kartika Tahun 2017, jauh-jauh hari telah mempersiapkan berbagai sarana prasarana rangkaian peringatan Hari Juang Kartika baik lokasi tempat penyelenggaraan Upacara Parade, Bhakti Sosial, Karya Bjakti, Ziarah dan Doa Bersama, maupun tempat yang akan dilaksanakannya Wawasan Kebangsaan dengan narasumber Pangdam IV/Dip di SMA Negeri 1 dan Unsoed Purwokerto.

Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi menyampaikan bahwa Korem 071/Wk sangat antusias terselenggaranya rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Juang Kartika Tahun 2017 ini yang dilaksanakan terpusat di Purwokerto Kab. Banyumas.

“Kami selaku komando kewilayahan Kodam IV/Dip, siap melaksanakan tugas dengan baik”, ungkapnya.

“Moment ini sangat berarti bagi kami para prajurit Wijayakusuma Korem 071/Wk, karena puncak peringatan Hari Juang Kartika pada tahun ini Tahun 2017 terpusat Kodam IV/Dip dilaksanakan diwilayah Korem 071’Wk di Purwokerto. Yang sebelumnya, kegiatan-kegiatan peringati Hari Juang Kartika pada tahun-tahun sebelumnya berlangsung di Ambarawa wilayah Korem 073/Mkt”, terangnya.

“Ini kehormatan bagi kami sebagai tempat berlangsungnya secara terpusat Peringati Hari Juang Kartika Tahun 2017 tingkat Kodam IV/Dip. Bagi prajurit TNI AD, tugas adalah kehormatan. Karenanya, apapun tugas yang diberikan bangsa dan negara, harus kita laksanakan dengan baik. Ini moment yang penting bagi seluruh prajurit Wijatakusuma, karena baru kali ini Hari Juang Kartika tingkat Kodam IV/Dip dilaksanakan diluar Ambarawa”, jelasnya.

Dikatakan Danrem, persiapan dalam menghadapi event besar tingkat Kodam IV/Dip ini, sudah dilaksanakan berbagai kegiatan baik survai tempat lokasi Upacara Parade Hari Juang Kartika Tahun 2017 di Alun-alun Purwokerto maupun diberbagai tempat kegiatan lainnya dalam rangkaian kegiatan maupun melaksanakan koordinasi dengan aparat terkait guna untuk menyukseskan helatan akbar tingkat Kodam IV/Dip.

Pada kesempatan yang sama, Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi mengajak kepada segenap komponen dan elemen yang ada diwilayah untuk mensukseskan kegiatan dalam rangka Peringati Hari Juang Kartika Tahun 2017 ini.

“Kepada segenap komponen dan elemen masyarakat baik diwilayah Banyumas yang secara langsung sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan maupun diwilayah jajaran Korem 071/Wk, mari kita bersama-sama mengayuh bagyo Peringatan Hari Juang Kartika Tahun 2017 ini dengan bersama-sama menyukseskan kegiatan.

Kegiatan yang dilaksanakan ini, tidak hanya untuk prajurit TNI AD saja, namun dilaksanakan juga untuk seluruh komponen bangsa dan elemen masyarakat, untuk memperkuat dan memperkokoh persatuan dan kesatuan kita dan untuk kemanunggalan TNI dengan Rakyatnya”, jelasnya.

“TNI dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Rakyat ibu kandung TNI dan inti dari kekuatan kita adalah kemanunggalan TNI dengan rakyat. Dengan menjalin kebersamaan, soliditas dan sinergitas, akan terjalin hubungan erat bersama rakyat TNI kuat dan bangsa Indonesia semakin kokoh dan kuat hingga sampai kapanpun”, terangnya.(spi/penrem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here