Ribuan Jamaah Hadiri Doa Hadiri Doa Bersama Hari Juang Kartika Tahun 2017 Tingkat Kodam IV/DIP

0
33

Purwokerto,spi.com – Ribuan jamaah dari berbagai kalangan hadiri doa bersama dalam rangka Hari Juang Kartika Tahun 2017 Tingkat Kodam IV/Dip terpusat yang dilaksanakan di Purwokerto, Kamis (14/12).

Dari berbagai umat beragama yang ada disekitar wilayah Banyumas, turut serta hadir digelaran doa bersama ini. Umat Islam di Masjid Jenderal Soedirman Purwokerto, Umat Kristen di Gereja Bethel Indonesia Sokaraja, umat Hindu di Pure SPN purwokerto, umat Budha di Vihara Budha Dipa Purwokerto, Khonghucu di Klenteng Hik Tek Bio Sokaraja.

Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si., dalan amanat tertulisnya yang disampaikan Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi dalam doa bersama umat Islam di Masjid Jenderal Soedirman Purwokerto menyampaikan, doa bersama yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika Tahun 2017 ini dilaksanakan secara serentak diseluruh satuan jajaran TNI AD termasuk Kodam OV/Dip yang diikuti semua penganut agama yang ada di Indonesia.

“Kita semua tahu, hasil kerja keras kita tergantung kehendak Allah SWT, karena iti kita harus menyertainya dengan doa”, ungkap Pangdam IV/Dip.

“Karena itu, doa bersama ini jangan hanya sebagai sesuatu yang bersifat rutinitas dan formalitas semata, melainkan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk mendapatkan petunjuk, kekuatan dan keberhasilan dalam melaksanakan tugas pokok satuan”, terangnya.

“Jadikan doa bersama ini sebagai momentum membangun kerendahan hati dan kehormatan, tidak hanya secara vertikal kepada Tuhan Yang Maha Esa, tetapi juga secara horisontal kepada sesama warga Kodam IV/Dip dan kepada masyarakat umumnya dalam rangka memperkokoh kemanunggalan TNI rakyat”, jelasnya.

Disamping itu, lanjutnya. Doa bersama ini sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas rahmat dan karunia-Nya dan sekaligus sebagai bentuk penghormatan kita kepada para pahlawan dan pendahulu kita. Karena kita percaya, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati sejarahnya dan menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

“Hal ini penting untuk kita renungkan dan pahami bersama, bahwa para pendahulu secara ikhlas tanpa pamrih telah mendarmabhaktikan jiwa dan raganya demi perjuangan bangsa ini. Harus kita jadikan tauladan dan panutan dalam meneruskan cita-cita perjuangan mereka melalui kerja keras demi kemajuan TNI AD dan Kodam IV/Dip yang kita cintai dan sekaligus menjadi kebanggaan kita semua”, terangnya.

“Kita sebagai generasi penerus bangsa yang tinggal menikmati hasil jerih payah para pendahulu, tentu harus belajar dan meneladani semangat pengabdian dan perjuangan mereka, serta berkewajiban mendoakannya semoga Tuhan Yang Maha Kuasa menempatkan kusuma bangsa tersebut dengan penuh kemuliaan disisi-Nya”, lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Pangdam IV/Dip menyampaikan selain doa bersama dalam rangka Hari Juang Kartika, Kodam IV/Dip beserta jajarannya sejak November 2017 lalu telah melaksanakan berbagai kegiatan yang menyentuh masyarakat dan lingkungan yakni bedah rumah, operasi katarak, donor darah, khitanan, pengobatan massal, kejurprov yong moodo, lari 10 K, jambore otomotif, bazar murah, penghijauan, ziarah rombongan di TMP, dan ceramah kebangsaan di SMA Negeri 1 Purwokerto.

Dan pada puncaknya pada 15 Desember 2017 peringatan Hari Juang Kartika dilaksanakan terpusat di Purwokerto yang di isi tarian kolosal Bhinneka Tunggal Ika, pengobatan massal, pemberian penghargaan kepada veteran, syukuran, hiburan rakyat.

“Semua itu yang dilaksanakan, sebagai wujud kepedulian TNI AD kepada masyarakat dan sekaligus untuk mengokohkan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Manunggal dengan rakyat, TNI AD kuat”, jelas Pangdam IV/Dip.

Doa bersama yang dilaksanakan umat Islam di Masjid Jenderal Soedirman dipimpin KH.Sobri Pimpinan Pondok Pesantren Al Falah Tinggarjaya Jatilawang Banyumas, dihadiri Danrem 071/Wk, para Askasdam IV/Dip, para Dan/Ka Balak Aju Kodam IV/Dip, Danlanal Cilacap, Danlanud Jenderal Soedirman Purbalingga, Kasrem 071/Wk beserta para Kasirem dan para Dandim sejajaran Korem 071/Wk, para Dan/Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk, Ka SPN Purwokerto, Bupati/Wakil Bupati Banyumas beserta Forkopimda Banyumas serta SKPD Banyumas, Ketua MUI Banyumas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, ormas dan organisasi kepemudaan, para santri dan santriwati dari ponpes sekitar Banyumas, para Perwira, Bintara, Tamtama Kodam IV/Dip, Lanal Cilacap dan Lanud Jenderal Soedirman Purbalingga, ASN TNI Makorem 071/Wk dan Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk, Ketua Persit KCK Daerah IV/Dip beserta Wakil Ketua dan pengurus, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 071 PD IV/Dip beserta Wakil Ketua dan pengurus serta anggota, para Ketua Persit KCK Cabang sejajaran Persit KCK Koorcab Rem 071.(spi/penrem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here