Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah Semarakkan Hati Juang Kartika Tahun 2017

0
47

Purwokerto,spi.com – Ribuan masyarakat dari berbagai kalangan dan dari berbagai penjuru wilayah yang ada di Banyumas dan sekitarnya, tumpah ruah di pusat kota di Alun-alun Purwokerto, Jumat (15/12).

Mereka yang datang tidak hanya dari wilayah Banyumas saja, namun dari seluruh wilayah jajaran Korem 071/Wk baik yang sengaja ingin melihat secara langsung helatan akbar Kodam IV/Dip di Purwokerto ataupun yang turut hadir sebagai peserta upacara dan kegiatan lain dalam rangkaian kegiatan puncak Hari Juang Kartika Tahun 2017 terpusat Kodam IV/Dip di Alun-alun Purwokerto.

Puncak Hari Juang Kartika Tahun 2017 yang dilaksanakan terpusat di Purwokerto ini, berbagai kegiatan digelar khusus untuk menghibir warga masyarakat Banyumas dan sekitarnya diantaranya panggung prajurit dan drama kolosal serta karnaval baik personel TNI dan Alutsistanya maupun dari para siswa-siswi pelajar SMK Kesehatan Kesdam IV/Dip dan SMK SPM Pelayaran Purwokerto dan komunitas jeep serta sepeda onthel.

Selain itu, warga masyarakat juga disuguhkan berbagai panganan dan jajanan dalam bentuk ratusan angkringan gerobak serta puluhan tumpeng.

Tak kalah meriahnya, peralatan TNI dengan Alutsistanya yang turut serta meramaikan kegiatan akbar ini, seperti panser anoa, panhard, dan berbagai paralatan canggih dan modern anbil bagian dengan melakukan konvoi yang diatasnya ditumpangi masyarakat mengelilingi jalan protokol di kota Purwokerto bersama Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si. beserta pejabat TNI/Polri dan Forkopimda Jawa Tengah dan Banyumas.

Antusiasme warga masyarakat, sangat tinggi terlihat mereka saling berebut namun tetap disiplin mengantri untuk dapat naik Alutsista TNI tersebut.

Konvoi karnaval sepanjang jalan protokol kota Purwokerto, dipadati warga masyarakat yang ingin menyaksikan. Walaupun banyak yang tidak berkesempatan naik diatas Alutsista TNI, namun mereka tetap menyaksikan jalannya konvoi hingga usainya kegiatan.

Ibu Ani (37) salah seorang warga Somagede Banyumas, mengutarakan bahwa ia sengaja datang ke Alun-alun Purwokerto mengajak keluarganya untuk melihat dan menyaksikan jalannya kegiatan Hari Juang Kartika Tahun 2017 tingkat Kodam IV/Dip ini.

“Saya datang kesini, karena saya mendengar ada kegiatan TNI di Purwokerto yang dilaksanakan terpusat di Alun-alun. Saya dengar dari media maupun informasi lain, akan ada kegiatan TNI Kodam IV/Dip dan Korem 071/Wk yang dikegiatannya ada hiburan berupa karnaval dan konvoi TNI dan alat tempurnya”, ungkapnya.

Dengan mendengar akan informasi tersebut, lanjutnya. Saya langsung ajak keluarga khususnya anak saya yang masih sekolah di SD, untuk melihat dengan dekat pak TNI dan alat tempurnya. Tujuannya mengajak anak saya, agar anak saya dapat mencontoh disiplinnya TNI dan ramahnya tni kepada seluruh rakyat. Selain itu, untuk mendidik anak saya, agar kelak besar nanti mempunyai jiwa patriot untuk membela bangsa dan negara Indonesia”, terangnya.

“Selamat Hari TNI AD, Hari Juang Kartika, semoga TNI AD selalu jaya, dan semoga TNI selalu dekat dengan rakyat, mengayomi dan melindungi rakyatnya”, katanya.

Sementara itu, Nardi (33) warga Tanjung Purwokerto Barat yang sempat ikut naik panser mengelilingi jalan protokol Purwokerto, mengungkapkan kebanggaan tersendiri buatnya dan anaknya yang turut serta.

Dikatakan, ini merupakan pengalaman baru pertama kalinya naik panser/tank TNI. Walaupun dulu pernah ada, pada waktu pameran Alutsista TNI di Gor Satria Purwokerto beberapa tahun yang lalu, namun ia belum berkesempatan naik tank TNI, dan ia bersyukur masih diberi kesempatan naik tank saat ini walaupun hanya sebentar.

“Saya sangat bangga dengan TNI, TNI AD nya. Prajurit-prajuritnya sangat disiplin dan merakyat, dan sangat mengayomi dan melindungi kami selaku warga masyarakat biasa. Setiap ada kegiatan di desa kami, pak tentara selalu ada, membantu kami baik untuk bergotong royong ataupun kegiatan lainnya”, ujarnya.

“Tentang peralatannya, sungguh tak kira, TNI khususnya TNI AD punyai peralatan yang serba canggih dan modern seperti yang baru saya naiki ini. Harapan kedepan, semoga TNI, TNI AD selalu jaya, selalu dekat dengan kami warga masyarakat, selalu mengayomi dan melindungi rakyatnya, serta selalu manunggal bersama rakyat. Jayalah terus TNI AD”, paparnya.(spi/penrem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here