Pangdam IV/DIP Hadiri Gelar Ops Lilin Candi 2017

0
37

Tegal,spi.com   Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si., hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi Tahun 2017 dalam rangka pengamanan Hari Natal dan Tahun Baru 2018, yang dipusatkan di Alun-alun KotaTegal, Kamis (21/12).Apel gelar pasukan operasi lilin candi 2017, bertindak selaku Inspektur Upacara Gubernur Jawa Tengah H.Ganjar Ptanowo, S.H., M.IP.

Turut hadir Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs.Condro Kirono, M.M., M.Hum., Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi, GM Pertamina Wilayah JATENG-DIY serta para Kadis Prov Jateng dan Forkopimda Kota/Kab Tegal, para Dandim jajaran Korem 071/Wk dan Kapolres se Ex Karesidenan Pekalongan.

Selain menyampaikan amanat Kapolri pada Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2017, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pramono menyampaikan bahwa jalur tol darurat tidak dapat digunakan, sehingga untuk kelancaran lalulintas akan dimaksimalkan menggunakan jalur yang sudah ada.

Gelar Operasi Lilin Candi 2017 akan berlangsung mulai 23 Desember 2017 hingga 2 Januari 2018. Sedikitnya 170.305 personel gabungan TNI/Polri serta pendukung dari instansi terkait lainnya diturunkan dalam pengamanan Hari Natal dan Tahun Baru 2018. Personel ditempatkan di 2.657 Pos Pengamanan dan 92 Pos Pelayanan.

Menurutnya, jajaran Polda Jawa Tengah sudah menambah ditiap titik rawan laka lalin maupun rawan bencana alam. “Personel tambahan dari organisasi masyarakat juga dilibatkan untuk mensukseskan libur Natal dan Tahun Baru”, terangnya.

“Terkait jalur rawan bencana alam, tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan BMKG akan terus memberikan informasi dan mengabarkan melalui media sosial jika ada titik bencana”, paparnya.

Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs.Condro Kirono, M.M., M.Hum., menuturkan terkait arus lalu lintas di tol Brexit, diprediksi terjadi kepadatan lalu lintas karena titik terakhir perjalanan kendaraan yang melintas di tol. Tol darurat tidak digunakan karena sedang dikerjakan untuk persiapan Lebaran 2018 mendatang.

Dikatakan, untuk mengantisipasinya pihaknya akan berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya dan Polda Jabar, jika terjadi kemacetan di Brexit.

“Kendaraan akan dikeluarkan di tol Palimanan atau Cikampek, jika antrean kendaraan di Brexit mencapai satu kilometer, kita siapkan sejumlah kendaraan polisi untuk mengarahkan para pengendara misalnya kendaraan untuk pengurai kemacetan”, terangnya.

Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si., menyampaikan, terkait dengan pengamanan dalam rangka Natal dan Tahun Baru, Kodam IV/Dip beserta jajaran siap untuk membantu Polri dalam hal ini Polda Jawa Tengah mengamankan wilayah diseluruh wilayah Kodam IV/Dip baik di Jawa Tengah maupun DI.Yogyakarta.

Dikatakan Pangdam, dalam membantu pengamanan tersebut, prajurit-prajurit Kodam IV/Dip membantu Polri baik dalam pengamanan disepanjang jalur rawan kemacetan maupun rawan bencana alam, selain itu mereka juga diperbantukan ditempat-tempat ibadah dan keramaian umum bersama Polri dan unsur terkait serta organisasi masyatakat ataupun mungkin para siswa anggota pramuka.

“Kegiatan ini, tidak serta merta hanya dilaksanakan Polri saja, namun hal ini menjadi tanggungjawab kita bersama untuk membantu, guna untuk kenyamanan dan keamanan masyarakat kita”, ungkapnya.(spi,penrem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here