Tradisi Laporan Sertijab Dandim 0736/Batang dan Kasirenprogar Serta Penerimaan Prajurit Korem 071/Wk

0
43

Banyumas,spi.com – Setiap prajurit yang akan bertugas atau menjadi organik Korem 071/Wk, perlu melaksanakan tradisi satuan, demikian penegasan Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi dalam sambutannya pada Tradisi dan Laporan Korps Serah Terima Jabatan Dandim 0736/Btg dan Kasirenprogar Korem 071/Wk serta Tradisi Penerimaan Prajurit Korem 071/Wk, Sabtu (17/2) di Serambi Kehormatan Makorem 071/Wk Jl. Gatot Subroto No. 1 Sokaraja Banyumas.

Dikatakan, dengan tradisi tersebut maka mulai hari ini prajurit yang melaksanakan tradisi satuan yakni Letkol Kav Henry Rudi Judianto Napitulu, S.Sos, sebagai Dandim 0736/Btg dan Mayor Inf Sasono Haryadi sebagai Kasirenprogar Korem 071/Wk serta 11 prajurit lainnya telah resmi menjadi anggota Makorem 071/Wk.

“Dengan tradisi yang dilaksanakan ini, diharapkan kepada pejabat baru Dandim 0736/Btg dan Kasirenprogar Korem 071/Wk serta prajurit lainnya, untuk segera beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada diwilayah Korem 071/Wk, mulai dari sejarah, jati diri, dan kebijakan pimpinannya, selain itu hayati pula makna yang terkandung dalam identitas Wijayakusuma dan Dhuaja Korem 071/Wk Musthi Cakra Soekarno Aji”, terangnya.

“Sebagai prajurit Korem 071/Wk, harus dapat memaknai makna dalam Dhuaja Korem 071/Wk Musthi Cakra Soekarno Aji yaitu prajurit bersenjata yang peka serta mampu melaksanakan tugas pimpinan dengan baik”, ungkapnya.

Disamping itu, lanjutnya. Hayati pula pesan moral yang disampaikan Panglima Besar Jenderal Soedirman yakni “Janganlah kamu berbuat seperti sapu yang meninggalkan ikatannya, sebatang lidi tidak berarti apa-apa tetapi dalam ikatan sapu akan dapat menyapu segala-galanya.

Laporan Korps Serah Terima Jabatan Dandim 0736/Btg dari pejabat lama Letkol Inf Fajar Ali Nugraha, S.Sos kepada pejabat baru Letkol Kav Henry Rudi Judianto Napitulu,S.Sos. Letkol Inf Fajar Ali Nugraha,S.Sos, selanjutnya menjabat Waaslog Kasdam IV/Dip sedangkan penggantinya Letkol Kav Henry Rudi Judianto Napitupulu,S.Sos, sebelumnya menjabat Pabandyalid Sinteldam IV/Dip. Kasirenprogar Korem 071/Wk Mayor Inf Sasono Haryadi sebelumnya menjabat Pabandya Kumtaltibprot Spersdam IV/Dip.

Pada kesempatan yang sama dalam sambutannya, Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi menyampaikan terkait dengan tugas yang akan dilaksanakan, Kodim sebagai sub kompartemen kewilayahan bertugas menyelenggarakan pembinaan kemampuan dan gelar kekuatan serta pembinaan teritorial dalam rangka menyiapkan wilayah pertahanan dan menjaga keamanan wilayah.

“Karena itu, keterpaduan lintas sektoral yang solid dengan pemerintah daerah, serta instansi terkait serta elemen masyarakat perlu selalu diperhatikan dan dikedepankan dalam rangka menyelesaikan beragam persoalan aktual dan menciptakan kondusifitas wilayah yang aman”, harapnya.

“Lakukan tugas tersebut dengan sebaik-baiknya dilandasi semangat kebersamaan, kekeluargaan, gotong royong, persatuan dan kesatuan dengan mengoptimalkan kemanunggalan TNI-Rakyat”, lanjutnya.

Sementara itu, kepada pejabat baru Kasirenprogar Korem 071/Wk, laksanakan tugas sesuai Peraturan Kasad Nomor 67 Tahun 2017 tentang pembentukan pejabat perencanaan satuan kerja jajaran TNI AD yang tercantum dalam Bab II Pasal 4 yakni menyampaikan saran dan pendapat kepada pimpinan satuan mengenai hal-hal yang menjadi tugas dan kewajibannya.

Mengkoordinasikan, menyusun dan menyiapkan rencana program dan anggaran satuan serta menerima dan melaksanakan dipa. Mengawasi pelaksanaan program dan anggaran melalui kegiatan pengendalian program dilingkungan satuan jajaran serta berbagai tugas lainnya.(spi/penrem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here