Korem 071/Wk Gelar Peningkatan Kemampuan Komunikasi Sosial

Daerah

Banyumas,spi.com – Maksud dan tujuan digelarnya peningkatan kemampuan komsos ini adalah untuk meningkatkan kemampuan prajurit dalam berkomunikasi sosial dengan segenap komponen bangsa, sehingga memiliki kemampuan untuk dapat memberikan pemahaman kepada komponen bangsa dalam pelaksanaan pembinaan teritorial diwilayah.

Hal tersebut, disampaikan Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi dalam amanatnya yang disampaikan Kasilogrem 071/Wk Letkol Inf Drs. Fadjari pada Peningkatan Kemampuan Komunikasi Sosial (Katpuan Komsos) Korem 071/Wk Tahun 2018, Selasa (20/2) di Gedung Pertemuan A. Yani Makorem 071/Wk Jl. Gatot Subroto No. 1 Sokaraja Banyumas.

Dikatakan lebih lanjut, tugas pokok TNI AD sebagai bagian integral dari TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancanan dan gangguan terhadap keutuhan negara dan bangsa.

Dikatakan, tugas pokok tersebut dilaksanakan melalui OMP dan OMSP, dimana salah satu dalam OMSP adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.

“Metode yang digunakan oleh TNI AD dalam penyelenggaraan pembinaan teritorial diantaranya metode komunikasi sosial. Dalam rangka memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi kepada segenap komponen bangsa sehingga terwujud kemanunggalan TNI-Rakyat”, terangnya.

“Sasaran yang ingin dicapai yakni terciptanya pemahaman tentang kebijakan-kebijakan Kasad khususnya dalam bidang teritorial sehingga dapat mengaplikasikan dengan benar pelaksanaan tugas dilapangan. Tercapainya pemahaman tentang tehnik meningkatkan kemampuan komsos bagi aparat teritorial diwilayah. Terwujudnya sikap netralitas TNI dalam pelaksanaan tugas pengamanan Pilkada diseluruh Indonesia”, paparnya.

Harapannya, lanjutnya. Dengan pembinaan dan peningkatan kemampuan komsos ini, kemampuan prajurit teritorial didalam berkomunikasi sosial dengan aparat pemerintah, komponen masyarakat akan semakin berkualitas. Sehingga mampu meningkatkan dan memperkuat soliditas dan sinergitas hubungan kerjasama TNI-Rakyat dalam rangka mempertahankan NKRI.

“Mengapa kita perlu meningkatkan kemampuan peningkatan komunikasi sosial. Karena ditengah kehidupan masyarakat masih terlihat realita dimana sikap individualistis, kepentingan kelompok dan golongan yang dikemas dalam berbagai bentuk seperti sara, politik, ekonomi maupun hukum lebih mengemuka ketimbang kepentingan masyarakat, bangsa dan negara ditambah dengan berita hoax di media sosial yang tidak dapat dipertanggungjawabkan sumber dan kebenarannya”, jelasnya.

Karenanya, untuk mengantisipasi, mencegah dan menanggulangi fenomena tersebut, maka perlu peingkatan kemampuan komsos kepada para prajurit teritorial dalam kapasitasnya sebagai pembina teritorial baik tehnik, kualitas maupun kuantitasnya.(spi/penrem)

Tinggalkan Balasan