Danrem 071/Wk,Terima Hibah Bangunan Masjid Jenderal Besar Soedirman

Daerah

Purwokerto,sinarpagiindonesia.com – Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi, pada Rabu (21/3/2018) bertempat di Masjid Jenderal Besar Soedirman Purwokerto, menerima Hibah berupa Bangunan Masjid Jenderal Besar Soedirman dari Yayasan Al Irsyad Al Islamiyah Purwokerto.

Masjid Jenderal Besar Soedirman seluas 2.302.654 M persegi senilai 6 Milyar, dibangun pada Tahun 2012 diatas tanah/lahan kosong milik TNI seluas 3,7 Hektar yang semula lahan untuk pembuangan sampah.
Pembangunan masjid itu sendiri merupakan hasil dari gotong royong muslimin dan muslimat warga Banyumas dan sekitarnya serta berbagai pihak seperti Yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

Bangunan masjid itu sendiri berlantai tiga, lantai dasar sebagai aula, ruang administrasi, dan tempat bersuci dan lainnya. Lantai dua dan tiga sebagai tempat untuk beribadah Sholat dan kegiatan keagamaan, Masjid Jenderal Soedirman ini menggunakan gaya arsitektur perpaduan gaya arsitektur Turki dan Cordoba, dengan dilengkap menara setinggi 60 meter dan taman serta halaman yang luas.

Pembangunan Masjid Jenderal Soedirman, bermula dari inisiatif warga masyarakat yang berkeinginan mendirikan Masjid yang baik dan indah ditengah kota Purwokerto. Keinginan warga tersebut, direspon TNI AD dalam hal ini Korem 071/Wk. Melalui beberapa koordinasi dan musyawarah dengan Pimpinan TNI AD dan pihak lainnya serta perwakilan masyarakat, tanah kosong milik TNI AD yang berlokasi ditengah kota tersebut, dibangunlah Masjid Jenderal Besar Soedirman berkapasitas sekitar 1500 jamaah.

Diberi nama Masjid Jenderal Besar Soedirman, agar warga masyarakat dalam beraktifitas beribadahnya tidak meninggalkan jiwa dan semangat Patriotisme dan Nasionalisme Panglima Besar Jenderal Soedirman yakni menegakkan semangat kebenaran, menjauhi segala kemungkaran, mencintai persatuan dan kesatuan dan menciptakan kedamaian. Sesuai makna Islam yang Rahmatan Lil Alamin, membawa rahmat bagi seluruh umat.

Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi dalam sambutannya menyampaikan, Masjid Jenderal Besar Soedirman ini didirikan diatas tanah TNI dengan Sertifikat Hak Pakai Nomor 0005 seluas 1.852 Mpersegi.

Dikatakan, dengan hibah ini, selaku Komandan Korem 071/Wk menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah yang telah membangun Masjid Jenderal Besar Soedirman lengkap dengan sarana dan prasarananya.

“Hal ini, akan tercatat sebagai aset negara sesuai ketentuan dan yang lebih mulia lagi akan dicatat sebagai amal kebaikan dihadapan Allah SWT”, ungkapnya.

Danrem juga berharap, dengan penyerahan hibah tersebut akan menambah gairah dan motivasi kita untuk memanfaatkan masjid, tidak hanya status bangunannya saja yang indah tetapi didalamnya harus diramaikan pula dengan para jamaah yang setiap waktu senantiasa mengagungkan Asma Allah SWT, sekaligus mampu meningkatkan kualitas iman dan taqwa umat Islam dalam menebar ahlaqul karimah dan kebaikan.

“Sesuai dengan nama Masjid ini yaitu Masjid Jenderal Besar Soedirman, maka kita berharap agar makna yang terkandung didalamnya mampu membentuk jiwa kepahlawanan, persaudaraan dan kebersamaan. Dalam arti, Masjid ini dapat menjadi pembuka jalan umat Islami diwilayah Banyumas pada khususnya dalam meraih amal-amalan ibadah”, terang Danrem 071/Wk.

Dan juga kita berharap, semoga semua upaya kita dalam membangun fasilitas ibadah ini dapat menjadi pemacu semangat bagi semua warga untuk senantiasa berbuat yang ma’ruf dan mencegah yang mungkar serta senantiasa berfastabiqul khoirot atau berlomba-lomba berbuat kebajikan yang diberkahi Allah SWT.

Penyerahan Hibah Bangunan Masjid Jenderal Besar Soedirman diserahkan oleh Ketua Yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto Syarif Basyir kepada Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi.(spi/penrem)

Tinggalkan Balasan