Dengan Meningkatkan Kerjasama TNI -Polri dan Pemda,Dalam Menuju Pilkada,Terus Adakan Apel Gabungan

Sumut

Melalui Apel Gabungan, TNI-Polri dan Pemda Tingkatkan Sinergitas dan Soliditas di Sumut

Medan,sinarpagiindonesia.com – Soliditas maupun sinergitas personel TNI, Polri, serta aparatur pemerintahan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) perlu terus dipadukan dalam menghadirkan kondusifitas Kamtibmas di wilayah yang lebih baik lagi menuju pilkada Sumut.

Selain itu, dengan soliditas dan sinergitas itu pula, personel TNI dan Polri akan benar-benar bersikap dan bertindak netral dalam mengawal Pilkada serentak tahun 2018 di wilayah Sumut agar berlangsung jujur, dan adil.

Demikian amanat Gubernur Sumut,HT Erry Nuradi saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada apel gabungan TNI-Polri dan Pemda di Mapolda Sumut Jalan Medan-Tanjungmorawa Km 10,5, Selasa (17/4/2018).

Apel gabungan yang mengangkat tema “Memelihara Soliditas TNI-Polri & Pemda serta Menjaga Netralitas TNI-Polri dalam Pilkada 2018” dihadiri seluruh unsur Forkopimda Sumut dan Kota Medan.

Di antaranya, terlihat hadir Kasdam I/BB, Wakapoldasu, Danlantamal I, Pangkosekhanudnas III, Danlanud Soewondo Medan, Wakil Wali Kota Medan, serta sejumlah pejabat utama dari tiga matra, Poldasu, Pemprov Sumut, dan Pemko Medan.

Dalam amanatnya, Gubsu Erry Nuradi menegaskan, apel bersama ini memiliki arti penting dan strategis sebagai kesiapan bersama dalam memantapkan stabilitas Sumut dalam segala aspek, termasuk mewujudkan ketahanan wilayah.

“Tantangan ke depan semakin kompleks di berbagai bidang, termasuk mengawal daerah ini tetap kondusif selama pelaksanaan Pilkada serentak 2018. Untuk itu, koordinasi antarunsur FKPD ke depan akan semakin dibutuhkan lebih solid lagi, sehingga Sumut yang aman dan kondusif dapat kita pertahankan,” ucap Gubsu Erry Nuradi.

Di kesempatan itu, Gubsu Erry Nuradi juga mengajak semua yang hadir untuk terus membangun semangat kebersamaan yang lebih kokoh, memantapkan rasa saling percaya dengan hati yang lebih tegar, dengan kepercayaan diri yang lebih tinggi, dan dengan optimisme yang semakin kuat.

“Seluruh jajaran TNI-Polri dan pemerintah daerah pada semua tingkatan di wilayah Provinsi Sumut agar memiliki komitmen yang sama, yakni ‘Bersatu Membangun Sumut’,” karena komitmen ini juga merupakan bagian dari membangun NKRI,” urai Gubsu Erry Nuradi.

Apel gabungan tanggal 17 ini dilakukan setiap bulannya, dan digelar secara serentak di seluruh wilayah Kodam I/BB yang meliputi empat provinsi, yakni Sumut, Riau, Sumbar, dan Kepri.

Menurut Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I/BB, Kolonel Inf Edi Hartono, apel gabungan ini merupakan penjabaran dari perintah Panglima TNI dan Kapolri untuk memelihara soliditas TNI-Polri dan Pemda serta menjaga Netralitas TNI-Polri dalam pelaksanaan pemilu.

“Tujuan kegiatan ini, bahwa tantangan tugas ke depan semakin kompleks, sehingga diperlukan soliditas dan sinergitas TNI-Polri dan Pemda dalam pengamanan pesta demokrasi Bangsa Indonesia, sehingga untuk mengawal pemilu yang aman, lancar, jujur, dan adil, maka diperlukan adanya netralitas aparat TNI dan Polri,” kata Kolonel Inf Edi Hartono.

Untuk diketahui, di saat bersamaan dengan apel gabungan ini, Pangdam I/BB Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, SIP bersama Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw tengah mengikuti kunjungan kerja Ibu Negara Iriana Joko Widodo ke wilayah Tarutung sekitarnya.(spi/red)

Tinggalkan Balasan