Tidak Puas Atas Keputusan Hakim,AKP Ichwan Lubis Ajukan PK ke Mahkamah Agung

0
34

Medan,sinarpagiindonesia.com –  – Mantan Kasat Reserse Narkoba Polres Pelabuhan Belawan, AKP Ichwan Lubis, terpidana 5 tahun karena tersandung Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) mengajukan permohonan Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan diketuai Eliwaty, Rabu (23/5) mulai menggelar sidang Peninjauan Kembali (PK) terpidana Ichwan Lubis.
Hadir dalam persidangan tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Medan, Sindu Utomo serta Ichwan Lubis bersama tim Kuasa hukumnya Armansyah, Erwin Lubis dan Tumbur dari LBH Mutiara Keadilan.
Menurut Armanshah, Ichwan Lubis mengajukan PK setelah menemukan bukti (novum) yang tidak pernah terungkap di persidangan, yakni rekening koran Ichwan Lubis di BCA no 8000447260 yang disita petugas BNN. Ternyata aliran dana yang ditransfer Tjun Hin alias Ahin tersebut merupakan hasil bisnis tambak udang yang mereka geluti.
Selama ini, sambungnya, Ichwan Lubis menanamkan modal dan keuntungannya dibagi. Bahkan, dana yang ditransfer Ahin itu sebelum Ichwan Lubis mengenal Tugiman alias Toge (terpidana mati) serta Mirnawaty alias Achin (terpidana seumur hidup).
Dia menyebut, tidak ada satu bukti rekaman atau sadapan yang memperlihatkan hubungan Ichwan Lubis dengan terpidana Toge dkk, sehingga Ichwan menerima atau menguasai harta dari kejahatan TPPU seperti diatur dalam pasal 5 ayat 1 Jo pasal 10 UU 8 Tahun 2010.
Selain itu, kata Arman, banyak fakta hukum yang terungkap di persidangan tidak dimuat dan tidak dipertimbangkan hakim PN Medan dan Pengadilan Tinggi Medan.
“Hakim dinilai tidak menerapkan hukum sebagaimana mestinya dalam mengadili pemohon Pak,” sebut Arman.
Sementara tentang uang Rp 2,3 miliar yang disimpan di gudang rumahnya, terpidana Ichwan merasa terkejut kalau uang dari terpidana Ahin tersebut hasil kejahatan narkotika. Karenanya, setelah diminta BNN, Ichwan langsung menyerahkannya kepada BNN yang menginap di sebuah hotel di Medan. Setelah itu Ichwan Lubis diperbolehkan pulang.
Armanshah menilai, hakim PN dan PT telah melakukan kekeliruan yang nyata karena faktanya Ichwan Lubis tidak pernah melakukan percobaan, menerima, membantu permufakatan jahat untuk menerima hasil tindak pidana narkoba seperti yang diatur dalam pasal 5 ayat 1 Jo psl 10 UU No.8 Tahun 2010 tentang TPPU.
Karena itu, Armanshah berharap majelis hakim mengabulkan permohonan PK Ichwan Lubis, sekaligus membatalkan putusan Hakim PN dan PT yang memvonis Ichwan Lubis serta membebaskan, merehabilitasi nama baik Ichwan Lubis.
Untuk menanggapi permohonan PK Ichwan Lubis, Jaksa Sindu minta sidang dilanjutkan Rabu (30/5) mendatang.
Seperti diketahui, Ichwan divonis Majelis Hakim PN Medan 2 tahun 6 bulan penjara karena tersangkut TPPU dalam jaringan narkoba Tugiman alias Toge.
Sebelumnya, Jaksa menuntut Ichwan 5 tahun kemudian Jaksa banding ke PT Medan dan hukuman Ichwan menjadi 5 tahun penjara. Ichwan Lubis tidak mengajukan kasasi ke MA, melainkan mengajukan PK.(spi/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here