Ganjar Pranowo : TMMD Banyak Memberi Paedah dan Pelajaran Berharga Bagi Warga

0
35

Banjarnegara,sinarpagiindonesia.com –  Gubernur Jawa Tengah H.Ganjar Pranowo, S.H., M.IP dalam amanat tertulusnya pada Upacara Pembukaan TMMD Tahap II (Reguler Ke-102 dan Sengkuyung Tahap II) Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018 yang disampaikan Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs.Heru Sudjatmoko, Selasa (10/7/2018) di Lapangan Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum Kabupaten Banjarnegara.

Dikatakan lebih lanjut, TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya semangat gotong royong membangun bangsa.

“Semua bahu membahu, memberikan sumbangan pikiran, ide, gagasan, sumbangan tenaga dan keterampilan, sumbangan materi dan kebendaan, dan lainnya”, terangnya.

“Saya selalu merasa senang atas kegiatan-kegiatan yang berbasis kegotong royongan untuk kemaslahatan, sebagaimana TMMD”, ungkapnya.

Membangun jalan dan jembatan bebarengan, lanjutnya. “Sudah banyak yang temoto dan sangat membantu aksebilitas masyarakat untuk mereka yang akan bekerja, bersekolah, beribadah, berkegiatan sosial dan aktivitas lainnya. Kemudian memugar RTLH, membangun jambanisasi ataupun sanitasi. Sangat baik untuk meningkatkan derajat kehidupan masyarakat yang lebih layak dan sehat”, jelasnya.

“Belum lagi upaya-upaya pemberdayaan masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan. Ini luar biasa, ditengah upaya kita mengatasi persoalan kemiskinan Jawa Tengah yang angkanya masih cukup tinggi yakni 12,23% pada tahun 2017″, sambungnya.

Dikatakan pula, tidak ketinggalan upayanya untuk terus mengedukasi masyarakat tentang nasionalisme, tentang ancaman terorisme dan radikalisme, serta bahaya narkoba khususnya para generasi muda generasi penerus bangsa”, terangnya.

Ganjar Pranowo minta para pemuda dan anak-anak bangsa harus terus dibangun karakternya, tidak individualis, hedonis, dan apatis, tetapi menjadi generasi yang mempunyai karakter milenial yang baik, toleran, berjiwa sosial, peduli terhadap lingkungan serta selalu menjunjung tinggi kebenaran dan kejujuran.

“Generasi muda yang akrab dengan teknologi komunikasi dan informasi ini harus dijauhkan dari hoax, hatte speech, bully serta dibentengi dengan nilai-nilai Pancasila, ilmu pengetahuan dan agama. Ini sangat penting dan strategis ditengah berbagai persoalan kebangsaan kita dewasa ini”, ungkapnya.

“TMMD bukan semata membangun sarana fisik bagi masyarakat desa, tetapi dalam TMMD juga membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi”, jelasnya.

Ganjar Pranowo disamping memberikan apresiasinya, juga mengajak kepada segenap komponen dan elemen masyarakat agar rakyat makin sejahtera dan mandiri.

“Kita juga ingin rakyat punya daya tangkal dan daya cegah terhadap berbagai hal yang menjadi ancaman terhadap keutuhan bangsa. Begitupun kalau rakyat ditanya, tentu mereka jug menginginkan kehidupan yang sejahtera”, paparnya.

“Saya yakin mereka juga ingin memberi banyak kontribusi bagi negeri. Itulah satu keinginan dan satu tujuan yang harus diintegrasikan dalam satu langkah nyata untuk membangun desa dan kehidupan rakyatnya yang makin baik, layak sehat dan sejahtera lahir mauoun batin”, terangnya.

“Ayo kita sengkuyung bareng-bareng program pembangunan yang mensejahterakan masyarakat desa. Bangun desa tanpa meninggalkan kearifan lokal yang dimilikinya. Desane maju, fasilitas pelayanan dasar masyarakate komplet, SDM-nya makin berkualitas, mandiri, punya spirotualitas tinggi, kreatif dan inovatif serta berkarakter kebangsaan yang kuat, dan lestari kebudayaannya”, pungkasnya.

Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-102 Kodim 0704/Bna dihadiri pula Danrem 071/Wk, Asrendam IV/Diponegoro, Wakapaldam IV/Diponegoro, Bupati Banjarnegara beserta Forkopimda Banjarnegara, SKPD, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro dan Ketua Persit KCK Cabang XIX Dim 0704/Bna beserta pengurus dan anggota dan komponen serta elemen masyarakat Banjarnegara.(spi/penrem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here