Rumah Reyot di Cicalengka Belum Tersentuh Program Rutilahu

0
4

Cicalengka,sinarpagiindonesia.com – Rumah reyot tidak layak huni di Kampung Kalurahan rt 04/rw 10 Desa Panenjoan Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung yang didiami janda tua yang akrab di panggil ma Cicah bertahun-tahun belum tersentuh bantuan. rumah bilik reyot berukuran kurang lebih 3 tumbak tampak jelas miris terlihat.

Saat disambangi wartawan sinarpagiindonesia.com bersama Lembaga Swadaya Masyarakat Jawara, nampak keluarga ma Cicah sebersit harapan agar segera mendapatkan bantuan dari Pemerintah.

“Duka atuh ah, tos lami da teu aya wae diantosan ge (nggak tahu ah sudah terlalu lama menungguRed),” Ujar Cicah yang akrab dipanggil Emma (78), Minggu, (29/07), di rumah biliknya.

Setahu ma Cicah, sekumpulan orang yang pernah datang melihat kondisi rumahnya memang berasal dari jajaran pemerintah. Mereka, lanjut dia, sempat mengatakan akan memperbaiki rumah biliknya. “Aya survei mah, jeung difoto, ngan euweuh wae tepi ka ayeuna (sudah pernah ada survei, rumah ini difoto, tapi belum ada sampai saat iniRed),” katanya.

Rumahnya berkategori Rutilahu teraebut, berdindingkan kayu bilik, beralaskan kayu tua, dengan atap sebagian menggunakan terpal karung. Serta, tinggal bersama anaknya yang dianggap mengalami gangguan jiwa.

Selain itu, satu kamar mandi berada di luar rumah dengan berhijabkan terpal karung dan kain bekas. Bila sesekali ada angin kencang ataupun hujan kerap terhempas dan basah.

“Almarhum suami emma namina Sobri tos teu aya, janteun itu ieu didamelan seuurna ku emma (Almarhum suami saya sudah tidak ada. Sehingga, pekerjaan nya kerap sayaburusRed),” katanya.

Penggiat sosial Lsm Jawara, Deden Canon, memprihatinkan kondisi tersebut. Padahal, banyak program bantuan sosial termasuk program Rutilahu sudah digulirkan bertahun-tahun.

“Sementara ini saya bersama anggota akan menggalang dana untuk mebangun rutilahu rumah ini, ya, mudah-mudahan pemerintah segera memberikan solusi, agar ma Cicah segera ditangani”, Kata Deden.

Menanggapi harapan tersebut, Camat Cicalengkan, Entang kurnia mengatakan, tengah dilakukan upaya. Sebelumnya rumah tersebut sudah diajukan rutilahu pada Bantuan Gubernur 2018. Namun, tidak turun.

“Solusinya akan menggunakan Dana Desa Tahap 2 tahun 2018. Serta dibantu dari dana yang lain. Kita doakan semoga lancar, akan kita prioritaskan,” kata Entang singkat saat dihubungi. (spi/dimas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here