Tipikor Polda Sumut” Amankan 1,8 M Diduga Dana OTT”

0
607

Barang bukti yang diamankan petugas OTT poldasu dari tersangka sekitar 1,8 M.(ist,sinarpagiindonesia.com )

Palas,sinarpagiindonesia.com – Kinerja Ditkrimsus Polda untuk memberantas Operasi Tangkap Tangan (OTT ) patut diberi acungan jempol.Dari daerah yang sama,di daerah Padang Lawas kembali tim  OTT berhasil menangkap Kepala Dinas Pertanian Abdula Nasution.

Tidak hanya Kadis Pertanian saja yangikut digulung tiga orang anggotanya juga berhasil ditangkap yakni,Muhammad Hamzah Hasibuan sebagai Kabid Tanaman pangan dan Horikultural,Joni Prantanto Simanjuntak (Dinas Pertanian Kasi Produksi),dan Aulia Rahman staf.

Ternyata setelah dikembangkan,kelompok petani juga ada yang diamankan sebanyak tiga orang.Diantaranya Irfan Mulia Harahap,Ali Nexzu Harahap serta Datuk Sutan.

Para tersangka,disangkakan dalam dugaan tindak pidana Korupsi Pemotongan Dana Bantuan terhadap Kelompok Tani Terkait Kegiatan Fasilitas Penerapan Budaya Padi dan Pala Wija Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas Tahun Anggaran  2018.

Modus Oprandi :
Setelah uang di terima di rekening tabungan kelompok tani , kelompok tani diarahkan menemui Saudara Joni Prantanto Simanjuntak (Dinas Pertanian- Kasi Produksi) dan memberikan uang dengan alasan untuk pembelian bibit serta pupuk namun,tidak ada aturan yang mengatur tentang pembelian pupuk.

Ironisnya,yang dilakukan oleh pihak Dinas Pertanian juga tidak ada persetujuan antara kelompok Tani dengan pihak Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas , bahwa yang melakukan pembelian bibit dan pupuk adalah Pihak Dinas Pertanian Kabupaten Padang Lawas.

Terungkapnya kasus OTT pada Kamis (9/8/18) sekira pukul 14.30 Wib
di Jalan Hasahatan Julu Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas.

Barang Bukti yang berhasil diamankan uang tunai berjumlah Rp 1.000.000.000 (satu milyar).Buku Rekening berisi Uang sejumlah Rp. 800.000.000 (Delapan Ratus Juta Rupiah) dengan total keseluruhanRp. 1.8 M (Satu Miliyar delapan ratus juta rupiah).

Selain uang tunai, Leptop merek HP berwarna putih,Hardisk berwarna abu abu,Handphone oppo berwarna hitam,Handphone samsung berwarna putih.

Untuk mencari kebenaran tentang  OTT yang dilakukan Tipikor Poldasu,awak media ini menghubungi Dir Krimsus Kombes Polisi Toga H.Panjaitan melalui tekepon selular (HP) ada nada tapi tidak diangkat

Begitu juga awak media ini hendak mengkonfirmasikan kepada AKBP Doni Sembiring sebagai Kasubdit Tipikor tentang OTT tersebut melalui telepon selular ( HP ) belum mengangkat dan bunyinya sedang sibuk

Begitu juga dengan nomor Kapoldasu Irjen Pol Paulus Waterpau sewaktu dihubungi awak media ini sekira pukul 19.25 Wib tidak ada jawaban (spi/ydi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here