Tidak Ingin Terulang Untuk Yang ke 2 Kali,Polsek Percut Perketat Pengiriman Tahanan

0
35

Medan,sinarpagiindonesia.com – Tidak ingin peristiwa larinya tahanan ketika akan dikirim ke Rumah Tahanan (Rutan ) kini Polsek sejajaran Polrestabes Medan melakukan pengawalan lebih ketat lagi,terutama Polsek Percut Sei Tuan.Mereka (tahanan) dikirim dengan status titipan.

Maka,khusus Polsek Percut sei tuan yang belum lama ini mengalami tentang larinya seorang tahanan pria saat hendak diantar ke Rutan Lubuk Pakam semakin mengadakan pengawasan melekat atas pelaksanaan prosedur pengiriman tahanan tersebut ke Rutan.

Pantauan wartawan sinarpagiindonesia.com pada Jumat (7/9) sekira pukul 10.00 Wib pelaksanaan prosedur pengantaran tahanan titipan ke Rutan terus diawasi dengan benar oleh Perwira pengawas (PAWAS) Ipda.Supriadi.SH.

Adapun pengantaran 18 orang tersangka yang berstatus tahanan titipan di Rutan Lubuk Pakam berjalan dengan baik, aman dan lancar serta para tahanan diantar ke Rutan Lubuk.Pakam dengan sistim pengawalan yang  ketat.

Saat diwawancarai wartawan Kapolsek Percut Sei Tuan melalui.Kanit.Reskrim.Iptu.Kamarudin Daulay
SH yang diwakili oleh Panit.-1 Ipda.Supriadi menjelaskan, sistim pengawasan melekat terhadap para tahanan dalam pengataran ke Rutan Lubuk Pakam maupun ke Rutan Labuhan Deli saat ini dan seterusnya memang harus benar benar septi.

“Saat ini kami telah menyiapkan pengawalan ketat pada saat pengantaran 18 orang tahanan dimana disiagakan 1 personil Sabhara bersenjata lengkap laras panjang dan didampingi 3 orang Personil Reserse, serta adanya perwira pengawas yang mana hari ini saya bertugas sebagai PAWAS harus serta mengawal para tahanan dari Polsek Percut sampai ke Rutan Lubuk Pakam ” Jelas Supriadi .

Dimana saat siang tadi Para personil telah sampai di Polsek dengan aman usai pengantaran tahanan yang harus sesuai dengan  SOP.Sebelumnya  harus dikawal oleh personil dari Sabhara dan unit Reskrim langsung dipantau oleh Perwira pengawas.

Maka setiap tahanan Polsek yang dititip ke Rutan Lubuk Pakam ataupun Rutan Labuhan Deli harus melalui mekanisme kerja.Dimana penerimaan tahanan ke Rutan tetap berjalan lancar dan pihak Rutan selalu siap menerima kedatangan tahanan titipan Polisi sampai batas jam 14.00 Wib.

Selanjutnya untuk melengkapi administrasi di Rutan proses pemeriksaan mencakup status dari tahanan yg dilengkapi dengan surat penahanan,dan hasil pemeriksaan kesehatan.Dirutan menjadi acuan bahwa seorang tahanan layak dititip atau tidak.Walau sebelumnya pihak Polsek terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum tahanan dikirim ke Rutan.

“Jika jumlah tahanan diatas 10 orang pihak Polsek meminta bantuan Randinas tahanan Polrestabes dari Sat Tahti Polrestabes Medan guna keamanan dalam pengantaran para tahanan” Terang Panit-1 Reskrim Polsek PS Tuan tersebut.

“Atas Arahan dan Intruksi pimpinan pelaksanaan sistim kawal melekat ini,gunanya meningkatkan kewaspadaaan dan memperkecil kesempatan tahanan untuk melarikan diri “Jelas Ipda.Supradi mengakhiri keterangannya.(spi/dms)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here