Ketua dan Sekretaris LSM RPK-RI “Minta Pelaku Penipuan Uang Warga Rt 010 di Kembalikan”

0
89

Rokan Hilir,sinarpagiindonesia.com – Salah seorang warga baru-baru ini berkeluh kesah kepada awak media,sinarpagiindonesia.com  warga tersebut mengatakan,warga di Jalan Suka Damai Rt 010 Desa Darusalam Kecamatan Sinaboi sudah ditipu mentah mentah oleh sekelompok perangkat Desa atau waga yang sama.

Ditahun 2016,salah seorang warga bernama Suparto dipercaya untuk memegang uang hasil patungan/swadaya warga Jalan Suka Damai Rt 010 sebesar Rp.20 Juta yang rencananya,Jalan tersebut akan direhab dengan mempergunakan beko dan Suparto pada saat itu sebagai bendahara, jadi sudah selayaknya warga masyarakat mempercaysi beliau.

Setelah dana terkumpul,Mantan Kepala Desa Darusalam Ashari beserta Sariman yang pada saat itu masih bekerja di Badan Pengawas Kepenghuluan (BPK) mengatakan pada Suparto bahwa sanya Jalan ini akan kita rehab agar lebih baik lagi dan ada anggaran dananya sebab kita menyewa beko ujar Kepala Desa Ashari diaminkan oleh Sariman.

Tanpa sepengetahuan Suparto “ternyata itu hanya akal akalan oknum Kades dan pegawai BPK untuk mencari uang dari warga”.Tanpa pikir panjang Suparto langsung berangkat bersama kedua oknum tersebut menuju kantor BRI Bafansiapispi untuk mengambil uang yang selama ini sudah disimpanya.

Kepergian Suparto selain dengan kedua perangkat Desa tersebut,juga ditemani oleh Jumadi dan Leman.Namun perasaan Suparto pada saat itu tidak enak,namun pada saat itu Saharuddin selaku mantan Kaur memberi keyakinan apalagi ditempat tersebut ada Dani Rambe selaku mantan Rt,02.Suparto kurang yakin Jalan akan diperbaiki karena,para perangkat Desa terus memaksanya untuk mengambil dana di BRI selain itu beko aja belum ada kelihatan pikirnya.Namun,manisnya ucapan oknum oknum perangkat Desa membuat Suparto terbuai.

Ternyata kecurigaan tersebut semakin kuat sebab dana yang diambil dari BRI dengan mempergunakan medin ATM berkisar Rp 18 Juta dan uang tersebut diserahkan kepada Dani Rambe sekitar Rp 15 Juta Namun Suparto terkejut koq,malah dibagi bagi seperti Mijan memskai Rp 500.000.Jumadi Rp.500.000.,Erman juga memakai Rp.500.000.Dani Rambe memakai Rp.2.000.000.Saharuddin juga memakai Rp.3.000.000.

Ironisnya,sebagai tanda bukti penyerahan uang yang diterima Dani Rambe,Sariman dan Saharuddin kepada Suparto bunyi nya tidak dapat disebutkan dengan alasan tidak diketaui namun,Jumadi sebagai Rt 010 hingga kini tidak pernah memberi tahu kepada warga apa bunyi isi surat tersebut.Sementara itu Suparto terus meminta pertanggung jawaban Jumadi sebagai Rt 010 selalu mengelak dan surat tersebut sudah hilang.

Akibat ulahpara perangkat Desa yang ingin mencari keuntungan dengan jalan menipu warga,Sekretaris LSM RPK-RI (Rakyat Pemberantasan Korupsi -Republik Indonesia) dalam waktu dekat ini skan menanyakan pada warga dan Kepala Desa setempat sudah sampai sejauh mana laporan perkembangan tentang rehab Jalan tersebut.Apabila tidak tuntas,kita akan laporkan ke Polisi kasus penipuan uang warga yang mereka lakukan.

Sementara itu Ermansyah selaku ketua RPK-RI meminta kepada perangkat Desa yang terlibat memakan uang warga,segera dikembalikan apabila tidak dikembalikan masslah ini akan kita bawa keranah hukum ujarnya pada awak media ini.(spi/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here