Satgas Yonmek 643 Kibarkan Merah Putih di Puncak Gunung Entinyuh

0
23

Sanggau,sinarpagiindonesia.com – Satuan Penugasan Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalyon Infanteri Mekanis 643/Wanara Sakti Kibarkan Bendera Merah Putih dengan ukuran 15X10 Meter di Puncak Gunung Entinyuh, Kec. Sekayam, Kab. Sanggau. Hal ini dilakukan bersama TNI lainnya dan masyarakat setempat dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI.

Kegiatan tersebut diawali dengan acara pelepasan dan tradisi yang dipimpin Komandan SSK III Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Lettu Inf Debri Wahyu Pranoto bertempat di Lapangan Bola Dusun Lubuk Sabuk, Desa Lubuk Sabuk, Kec. Sekayam, Kab. Sanggau.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pencak Silat PSHT, Satgas Bais dan Intel, Komunitas pecinta alam dan klub motor Kec. Sekayam, perangkat Desa Lubuk Sabuk dan Berungkat, perwakilan sekolah PAUD, SD, dan SMP +- 150 orang dan masyarakat Desa Lubuk Sabuk +- 80 orang.

Komandan Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Mayor Inf Dwi Agung Prihanto di Pos Kotis Gabma Entikong, Sanggau menyampaikan, sebelum dikibarkanya Bendera Merah Putih berukuran 15X10 Meter tersebut, diawali dengan kegiatan acara pelepasan dan tradisi, kemudian diarak sejauh 2 Km menuju ke puncak gunung Entinyuh untuk dikibarkan. Sebagaimana diketahui Gunung Entinyuh merupakan Gunung tertinggi di Kec. Sekayam.

Selain itu juga, bertujuan untuk menunjukan kepada masyarakat di wilayah perbatasan tentang pentingnya rasa nasionalisme kepada NKRI dalam menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Republik Indonesia. Sehingga diharapkan dengan pengibaran bendera ini dapat meningkatkan nasionalisme dan kecintaan kepada NKRI,” tuturnya.

Kegiatan tersebut disambut baik dan antusias masyarakat adanya pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Entinyuh,” ungkapnya.

Untuk diketahui, bahwa sebelumnya juga Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns bersama masyarakat dan 20 komunitas relawan, hiasi perbatasan dengan mengibarkan seribu Bendera Merah Putih dan pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 50 Meter di Tugu Garuda Pancasila perbatasan titik nol Bengkayang. (SPI/dng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here