Batalyon Infantri 8 Marinir Brigif 4 Mar/BS Laksanakan Bindesir di Desa Lubuk Kasih

24

Langkat,sinarpagiindonesia.com – Batalyon Infanteri 8 Marinir (Yonif 8 Mar) Tangkahan Lagan, melaksanakan Pembinaan Desa Pesisir (Bindesir), dengan melakukan pembersihan lingkungan dan saluran air (parit) serta pembenahan badan jalan bersama masyarakat, Jumat (18/10/19).

Kegiatan Bindesir kali ini, di laksanakan di Desa Lubuk Kasih Kecamatan Berandan Barat Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Komandan Batalyon Infanteri 8 Marinir Letnan Kolonel Mar Danang Ary Setiyawan, S.A.P.,M.Tr.(Hanla), menjelaskan, Bindesir kali ini sengaja dilaksanakan di Desa Lubuk Kasih, sebab pada akhir pekan ini, curah hujan cukup deras mengguyur wilayah Sumatera Utara, khususnya di Pangkalan Berandan.

Akibat dari tingginya curah hujan disini, meninggalkan banyak sampah yang tergenang di bubusan (Parit besar), yang juga berdekatan dengan Asrama Kesatrian Yonif 8 Marinir diwilayah Kecamatan Sei Lepan.

“Akibatnya banyak parit yang tersumbat, membuat air tidak bisa berjalan dengan lancar, ” sebutnya.

Selain terlihat kumuh, kata Letkol Mar Danang, dikhawatirkan akan menimbulkan wabah penyakit yang dapat menyebar. Sebab itu lah, kita melakukan gotong royong dengan mengajak masyarakat, guna membersihkannya.

Letkol Mar Danang Ary Setiyawan S.A.P.,M.Tr.Hanla, juga mengungkapkan, bahwa kegiatan ini sudah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh prajurit Yonif 8 Marinir, dalam rangka Pembinaan Desa Pesisir di sekitar Batalyon 8 Marinir.

Harapannya, agar lingkungan diseputaran Batalyon selalu bersih dan sehat, selain itu Bindesir ini juga sebagai sarana untuk lebih mendekatkan diri, antara Korps Marinir dengan masyarakat sekitar.

“Semoga program ini, dapat benar-benar menciptakan lingkungan yang nyaman, aman dan kondusif dan keakraban dengan masyarakat,” ujarnya.

Sembari menginstruksikan, agar setiap melakukan pelaksanaan Bindesir, harus diawali koordinasi dengan pihak daerah setempat, agar dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan dan lancar.

Sementara itu, Sekertaris Desa Lubuk Kasih, Arman, didampingi perangkat Desa dan bersama masyarakat sekitar, mengucapkan ribuan terima kasih, serta memberikan apresiasi kepada pihak Marinir, khususnya Yonif 8 Marinir, yang aktif mengajak warga desa untuk selalu peduli kesehatan dan lingkungan.

“Bindesir ini, sangat berguna bagi kesehatan, juga mengajarkan kami untuk selalu menjaga budaya bangsa ini, yaitu bergotong royong, terima kasih korps Yonif 8 Marinir, “cetusnya.

Sebelumnya diketahui, Pelaksanaan Bindesir kali ini, dilaksanakan oleh prajurit Kompi Senapan FireFox Yonif 8 Marinir, dibawah pimpinan Letda Mar Joko Santoso, bertujuan untuk membantu masyarakat desa, mengatasi berbagai macam permasalahan yang terjadi di lingkungan, secara bahu membahu bersama masyarakat desa.(spi/red)