Pasahli Pangdam XII/Tpr Bidang Sosbud : Pemuda Harus Miliki Komitmen Merawat Kebersamaan

23

Pontianak,sinarpagiindonesia.com – Pangdam XII/Tanjungpura diwakili Perwira Staf Ahli (Pasahli) Pangdam XII/Tpr Bidang Sosial Budaya, Kolonel Inf Basuki Ahmad menjadi narasumber dalam kegiatan Silaturahmi Budaya dan Focus Group Discussion (FGD) di Rumah Adat Melayu, Jalan Sutan Syahrir, Sungai Bangkong, Kec. Pontianak Kota, Pontianak, dengan tema, ‘Dengan Semangat Sumpah Pemuda, Kita Rawat Kebersamaan Guna Memelihara Kebhinekaan di Bumi Khatulistiwa.

Pasahli Pangdam XII/Tpr Bid. Sosial Budaya, Kolonel Inf Basuki Ahmad dalam kesempatan tersebut menyampaikan, saat ini para pemuda harus memiliki komitmen untuk merawat kebersamaan. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh para pemuda terdahulu, yang pada tahun 1928 bersepakat melakukan perubahan demi negara dengan semangat melaksanakan sumpah pemuda.

“Semangat yang sama juga harus dimiliki oleh pemuda-pemuda sekarang,” tegasnya.

Disampikan juga olehnya, tidak ada yang lebih menantang dari kehidupan pemuda, masa pemuda sangat terbuka dan batas-batas yang ada lebih luas. Saat pemuda berbuat di hari ini maka hasilnya untuk masa yang akan datang. Fokus utama bukan mengenai dimana tinggal, namun yang terpenting adalah di mana pemuda harus mengusahakan kesejahteraan.

Sebagai Pemuda harus berkontribusi positif kepada bangsa dan negaranya. Sedangkan pemuda berkontribusi negatif, maka akan terjerumus dalam pergaulan bebas, tawuran dan Narkoba. Untuk pemuda yang sama sekali tidak memberikan kontribusi, karena tidak merasa bagian dari kesulitan itu dan tidak ada kepekaan sosial,” katanya.

Sedangkan Asisten II Setda Provinsi Kalimantan Barat, Dr. Syarif Kamaruzaman, M.Si sangat mengapresiasi kegiatan tersebut yang begitu kongkrit dalam rangka untuk menjaga kondisi Kalimantan Barat yang selalu aman dan sejahtera sehingga masyarakatnya mampu untuk selalu mengisi dengan kegiatan-kegiatan demi kepentingan bersama dan demi kesejahteraan masyarakat Kalbar. (Pendam XII/Tpr)SPI/dng