Kades Desa Rantau Panjang,Anggaran ADD Tekan Pengurangan Angka Kemiskinan

110

Subulussalam Aceh,sinarpagiindonesia.com – Sistim dalam penggunaan pengelolaan atas manfaat tentang Anggaran Dana Desa Rantau Panjang kecamatan Longkip kota Subulussalam Aceh . Adalah untuk Menurunkan angka kemiskinan terhadap banyaknya tantangan kehidupan sehari-hari masyarakat Rantau Panjang.

Kepala Desa Rantau Panjang. Mahyudin Sinaga.di saat  berdiskusi dengan wartawan Sinar pagi Indonesia 2/12/2019 di ruang tamu rumah nya mengenai program pengembangan dan pengelolaan tentang Anggaran Dana Desa dan  kemajuan  kehidupan masyarakat yang tertinggal daerah transmigrasi SP. 1.Ginasing kecamatan Longkip adalah miyoritas berpenduduk suku Jawa. Termasuk sebagai buruh petani pekebun kelapa sawit.namun sekarang Alhamdulillah sudah mulai rata rata masyarkat transmigrasi produksi panen sawit kata Mahyudin Sinaga .

Semenjak turunnya Anggaran Dana Desa  tahun 2015  sampai 2019.Desa Rantau Panjang sudah terlihat jauh berkembang kehidupan masyarakat kita.karena selama ini pemerintah desa .terus mengarakan dan memberikan bimbingan tentang pertanian dan bidang perkebunan kelapa sawit.di wilayah sp1Ginasing .maka masyarakat hampir rata rata memiliki kebun sawit pribadi.

Mengenai program Dana Desa yang bersumber dari Anggaran APBN . Sesuai kepentingan masyarakat luas .sudah kita buka jalan lahan produksi masyakarat.termasuk Pembangunan pisik jalan dan berbagai kover Box dan jembatan untuk memperoleh akses jalan kebun sawit masyakarat.untuk mendukung kelancaran keluar hasil produksi kebun sawit pribadi Warga.

Bukan itu saja juga pengembangan pelatihan sumber daya manusia (SDM) nya terus kita berikan melalui program secara pelatihan,baik secara kepemudaan dan pengajian .juga pembinaan wiritan kaum ibu dan bapak.juga pengembangan ekonomi masyarakat. bahkan bantuan Raskin Rastra bagi masyarakat kurang mampu terus kita perjuangkan sampai saat ini angka kemiskinan sudah mulai prediksi Berkurang dari 50% menjadi 30%jelas kepala desa.

Dari semenjak tahun 2018 .kita sudah memiliki usaha desa berupa kebun sawit seluas 3 Htr.  dengan mendapatkan penghasilan bersih 7 juta /tahun . menjadi sumber pendapatan hasil desa.(PAD) dari bagi hasil. (spi/sjp)