Dirut BANK Kalbar Tandatangani Kerjasama dan Fakta Integritas Penyaluran Dana BOS di Kalbar

262

Kalbar,sinarpagiindonesia.com – “Selama ini kita salurkan dana BOS Daerah karena Kas Daerah di Bank Kalbar, sekarang ini dana Bos dari KPKN atas kas negara, kita diminta Pemda dalam hal ini Gubernur langsung kerjasama dengan pembendaharaan negara untuk salurkan dana Bos ke rekening sekolah, jadi tidak ke Kas Daerah lagi.”kata Dirut Bank Kalbar H. Samsir Ismail kepada sejumlah media usai penandatanganan kerjasama dan fakta integritas penyaluran dana Bos di Aula Kanwil Kementerian Keuangan Provinsi Kalbar, Rabu (12/2).

Dia mengatakan lebih lanjut bahwa yang di salurkan langsun ke rekening sekolah adalah semua dana Bos, baik SD, SMP, SMA maupun SMK. “Jadi semua dana Bosda dan Bos Nasional masuk ke Bank Kalbar untuk di transfer ke rekening sekolah.”ujarnya.

Bahkan bukan hanya dana Bos, tapi juga dana desa sepanjang ada kerjasama dengan pemda dan Bank Kalbar.

Kepala Kanwil DJKN yang Juga Kakanwil Kementerian Keuangan Provinsi Kalbar Edih Mulyadi menerangkan bahwa Bos sekarang di salurkan langsung ke rekening sekolah. “Ini memutus rantai birokrasi dan meminimalisir masalah kebocoran dana Bos. Seperti di sampaikan Bapak Gubernur bahwa pada penyaluran yang lama banyak masalah temuan inspektorat terkait tata kelola Bos, maka kali ini langsung ke rekening sekolah untuk memutus rantai birokrasi dan meminimalisir masalah.” Terang Edih.

Edih juga menyampaikan bahwa ada kenaikan dana Bos tahun 2020 ini baik SD, SMP maupun tingkat SMA/SMK.

“Rekening sekolah yang akan di salurkan dana Bos adalah rekening sekolah yang di rekomendasikan pemerintah daerah ungkapnya mengahiri(spi/dng)