Bupati Dairi Hadiri Pertemuan Silaturahmi di BPK Perwakilan Provsu

139

Dairi,sinarpagiindonesia.com – Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menghadiri pertemuan silaturahmi yang digelar BPK Perwakilan Propinsi Sumatera Utara jalan Imam Bonjol Medan, Jumat (29/05/2020) sore sekitar pukul 16:30 WIB.

Pertemuan silaturahmi dipimpin Kepala BPK Perwakilan Propinsi Sumatera Utara Eydu Oktain Panjaitan, sekaligus membahas terkait pelaksanaan pemeriksaan yang sudah dilaksanakan Oleh Tim BPK atas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di Kabupaten Dairi tahun 2019.

Oktain Panjaitan selaku Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara menyebutkan,pelaksanaan pemeriksaan pada dasarnya adalah untuk menguji ketaatan dan kepatuhan entitas terhadap peraturan perundang-undangan, menguji kelayakan dan efektifitas standar pengendalian internal dalam pengelolaan keuangan dan aset serta untuk melihat kondisi kesesuaian data dan informasi yang ada guna memberikan keyakinan yang cukup dalam hal pemberian opini atas laporan keuangan.

“Pada hakekatnya dalam pengelolaan keuangan harus tetap memperhatikan azas efisiensi, efektifitas dan ekonomi, yang transparan dan akuntabel dan akhirnya dapat memberikan nilai tambah dan dampak bagi kesejahteraan masyarakat.

Ditegaskan, agar pemerintah daerah tetap konsisten dalam melakukan pengamanan dan pemanfaatan aset daerah, dan berupaya menyelesaikan permasalahan yang kemungkinan ada kaitannya dengan masyarakat ataupun dunia usaha sehingga kedepannya keberadaan aset pemerintah daerah tidak bermasalah secara hukum .” Ujarnrya.

Senada dengan Kepala Sub Auditorat Sumut III, Safruddin Lubis mendampingi Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara dalam pertemuan itu memberikan penjelasan tambahan bahwa rencana penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Dairi Tahun 2019 rencananya akan diserahkan kepada Bupati Dairi dan Ketua DPRD Kabupaten Dairi di awal Juni 2020.

“Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Dairi Tahun 2019 akan kita serahkan di awal Juni nanti,” ujar Safruddin.

Pada kesempatan yang sama Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu menyatakan komitmennya dan harapannya untuk mewujudkan good and clean goverment dalam tata kelola pemerintahan Kabupaten Dairi yang dipimpinnya.

“Kami terus berkomitmen mewujudkan Pemkab Dairi yang baik, bersih dan transparan demi kemajuan masyarakat khususnya warga Dairi,” ujar Eddy Berutu.
Secara khusus dijelaskan, keinginannya dan rencananya adalah peningkatan kualitas dan kompetensi ASN di jajaran Pemkab.Dairi dan terkait dengan kondisi beberapa SKPD yang saat ini dipimpin oleh Pejabat Pelaksana sudah ditindaklanjuti dengan pelaksanaan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dairi.

“Dibutuhkan SDM yang mumpuni dalam bidang nya agar tata kelola pemerintah bisa berjalan cepat dan benar-benar bekerja untuk rakyat,” pungkasnya.
Sebagaiman diketahui sebelumnya, dalam setahun pertama menjabat sebagai Bupati Dairi, bisa meraih prestasi dalam tata kelola pemerintahan dengan meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Dairi Tahun 2018 yang diterima dari Badan Pemeriksa Keuangan di Kantor BPK RI Perwakilan Sumut tahun 2019 lalu.(spi/K.Tumangger)