Warga Desa Teluk Gosong Yang Terdampak covid-19 Terima BLT DD

122

Kotabaru, sinarpagiindonesia.com – Beberapa perwakilan warga yang terdampak pandemi covid-19 desa Teluk gosong datangi kantor desa Teluk gosong, senin (29/6).

Kedatangan mereka bukan untuk melancarkan aksi protes ataupun aksi unjukrasa, namun beberapa warga tersebut datang memenuhi undangan selaku warga yang memenuhi kriteria penerima Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-DD).

Penyaluran BLT-DD desa Teluk gosong di lakukan secara simbolis oleh Camat Pulau laut timur kepada beberapa perwakilan warga.

Dikatakan Camat Pulau laut Timur, Tri Basuki Rachmad usai kegiatan, desa Teluk gosong merupakan desa ke 8 dari 14 desa di Pulau laut timur, yang menyalurkan BLT-DD tahap 1 dengan jumlah warga penerima bantuan sebanyak 76 orang.

“Alhamdulillah, kita bisa melaksanakan, mudah-mudahan bantuan ini bisa dimanfaatkan oleh warga sebaik-baiknya.” Harap Camat.

Lanjutnya, ia menghimbau kepada warga untuk selalu disiplin dan mentaati aturan dari pemerintah terkait protokol kesehatan covid-19, pakai masker cuci tangan jaga jarak dan sebagainya.

Sementara itu, Kepala desa Teluk gosong, Syamsul Riadi menambahkan, pihaknya menyalurkan BLT DD kepada warganya sesuai kriteria berdasarkan peraturan Kemendes, pertama memang masyarakat yang miskin, kedua masyarakat yang mengalami PHK dari perusahaan, ketiga masyarakat memiliki penyakit menahun itulah yang menjadi acuan kami untuk menyalurkan BLT-DD,” terangnya.

Dijelaskannya juga, besaran bantuan yang disalurkan adalah sebesar Rp 600.000 perbulan selama 3 bulan, yaitu Juni hingga agustus, dan untuk 3 bulan berikutnya sebesar Rp300.000 perbulan.

“Untuk teknis penyalurannya, terlebih dahulu diserahkan secara simbolis oleh Camat pulau laut timur, kepada beberapa perwakilan warga. dan sisanya akan kita bagikan langsung rumah-kerumah atau dor to dor kepada warga sesuai dengan data yang sudah ada.” Pungkas kades.

Disisi lain, Syamsudin warga penerima BLT-DD tersebut, mengutarakan rasa terima kasihnya karena telah mendapat bantuan dari pemerintah, saya sangat berterima kasih dengan adanya bantuan ini kepada pemerintah daerah maupun desa yang mana sangat bermanfaat bagi kami untuk beli beras atau apapun, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ditengah pandemi covid-19 ini. mudah-mudahan bantuan ini berkelanjutan.” Tutur warga yang berprofesi sebagai petani tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Pulau laut timur, Kades teluk gosong dan jajaran desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta beberapa warga penerima bantuan.(riz/wr)