Tingkatkan Mutu Intensifikasi di Lahan 25 Hektar,Desa Sungai Pasir Gelar Panen Raya Padi Sawah

22

Kotabaru,sinarpagiindonesia.com – Bupati Kotabaru Sayed Jafar menghadiri panen raya padi sawah seluas 25 Hektar di Desa Sungai Pasir Kecamatan Pulau Laut Barat, Selasa (30/06/20)

Dalam sambutannya, Sayed Jafar mengatakan” pertanian merupakan salah satu program dari pemerintah pusat yang juga termasuk dalam visi misi Agrobisnis dan Pariwisata.

Kegiatan panen raya ini untuk mendukung ketersediaan pangan dalam menghadapi covid-19, serta meningkatkan mutu intensifikasi agrobisnis padi sawah seluas 100 hektar di kotabaru.

“Apa yang telah kita lakukan pada hari ini, semoga hasil panen padi sawah ini terus kita tingkatkan setiap tahunnya. sehingga kotabaru bisa menjadi daerah swasembada pangan,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Ir Hairuddin menjelaskan” bahwa untuk panen padi seluas 25 hektar di Desa Sungai Pasir ini menghasilkan 6,7 ton per hektar gabah kering panen.

“Dan ini meningkat dari sebelumnya, yang hanya mampu menghasilkan 3 sampai 4 ton saja per hektar,” ucap Hair.

Sehingga lanjutnya lebih jauh, kegiatan intensifikasi agrobisnis padi sawah seluas 100 hektar di kotabaru kita lakukan di empat (4) lokasi, masing-masing seluas 25 hektar yaitu” Desa Sungai Pasir Kecamatan Pulau Laut Barat, Desa Teluk Mesjid Kecamatan Pulau Laut Timur, Desa Pudi Kecamatan Pamukan Selatan, dan Desa Bakau Kecamatan Pamukan Utara.

“Untuk hasil ini terus kita tingkatkan, jangan pernah merasa puas, sehingga perekonomian masyarakat dapat meningkat,” tutupnya.

Setelah acara kegiatan panen raya padi sawah tersebut, Bupati Sayed Jafar menyerahkan beberapa bantuan alat pertanian serta bantuan kemasan beras kepada Kelompok Tani Bintang Kejora Desa Sungai Pasir.

Tampak hadir pada acara panen padi sawah ini, Ketua DPRD Kotabaru, Forkopimda, Anggota DPRD, Kepala SKPD, Camat Pulau Laut Barat beserta jajaran, Kepala Desa serta anggota kelompok Tani Bintang Gejora.(riz/wr)