Jokowi Lantik 750 Perwira TNI-Polri 2020 Secara Virtual, Diwakili Para Peraih Adhi Makayasa

100

Jakarta, www.sinarpagiindonesia.com – Presiden Joko Widodo melantik 750 calon perwira dalam upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri Tahun 2020 di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (14/7). Dari 750, sebanyak 457 di antaranya calon perwira akademi TNI dan 293 dari akademi kepolisian.

Pelantikan dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 55 TNI Tahun 2020 dan Nomor 56 Polri Tahun 2020 tentang Pengangkatan Taruna dan Taruni Akmil dan Akpol Menjadi Perwira TNI dan Perwira Kepolisian RI.

Sebelum dilantik, Jokowi mengambil sumpah para calon perwira TNI dan Polri tersebut.

Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara 1945,” ucap Jokowi yang diikuti seluruh perwira.

Jokowi juga menambahkan sumpah jabatan masing-masing bagi perwira TNI dan Polri.

“(Perwira TNI) Bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi sumpah prajurit dan sapta marga,” kata Jokowi diikiuti seluruh perwira.

Sementara untuk perwira Polri menjunjung tinggi Tribrata dan Catur Prasetya, Jokowi mengucapkan sumpah berbeda dan diikuti oleh para perwira.

Bahwa saya akan memimpin anak buah dengan memberi suri teladan, membangun karsa, serta menuntun pada jalan yang lurus dan benar. Bahwa saya akan rela berkorban jiwa raga untuk membela nusa dan bangsa,” ucap Jokowi.

Upacara pelantikan biasanya digelar di halaman Istana Merdeka dengan diikuti seluruh calon perwira. Namun di tengah pandemi saat ini, upacara digelar di ruangan Istana Negara dengan diwakili para peraih Adhi Makayasa.

Sementara ratusan perwira lainnya mengikuti melalui video conference di akademi masing-masing.

Terdapat empat perwira terbaik peraih Adhi Makayasa dari tiap Akademi Angkatan dan Kepolisian yakni Angga Andika Yudha (Akmil), Rizqy Z. Djuhaeri (AAL), Juanda Siregar (AAU), dan Ivan Pradipta Mahardika (Akpol). (spi/ps)