Bupati Kotabaru Resmikan Kampung Nelayan Tangguh di Desa Rampa

67

www.sinarpagiindonesia.com – Bupati Kotabaru H. Sayed jafar meresmikan kawasan nelayan tangguh di desa rampa lama, kecamatan Pulaulaut utara, rabu (12/8).

Program Kampung nelayan tangguh pertama kali di Indonesia yang diinisiasi oleh Danlanal kotabaru, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga untuk mematuhi protokol kesehatan covid-19, serta meningkatkan keselamatan nelayan saat melaut.

Dalam sambutannya,bupati kotabaru H. Sayed jafar alaydrus mengatakan bahwa berbagai upaya pencegahan dan penanganan covid-19 terus digalakkan salah satunya pembentukan Kampung Nelayan Tangguh.

Dikatakannya, pembentukan Kampung nelayan tangguh merupakan terobosan baru bagi nelayan dan warga pesisir pantai. Tidak hanya antisipasi covid-19, tapi bagaimana nelayan bisa menjalankan tatanan baru dalam kegiatan sehari-hari dengan menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

” Saya berharap dukungan semua pihak agar Kampung nelayan tangguh bisa terwujud sehingga masyarakat terjauhkan dari bahaya pandemi covid-19 dan yang terpenting dapat menggugah kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan.” Tutup Bupati.

Danlanal Kotabaru, Letkol Laut (P) Guruh dwi yudhanto, mengatakan pembentukan Kampung nelayan tangguh bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya wilayah pesisir untuk mematuhi protokol kesehatan, dan meminimalisir angka kecelakaan dilaut.

Diungkapkan Danlanal, pada kampung nelayan tangguh ada 3 fokus tangguh, yang pertama Tangguh kesehatan, kedua tangguh keselamatan, dan ketiga tangguh ekonomi.

Dan nelayan yang akan berangkat kelaut, lanjutnya, akan dibekali alat keselamatan dan alat komunikasi, karena kebanyakan masalah nelayan yang terjadi sewaktu dilaut adalah masalah pada mesin dan masalah alat komunikasi.

Acara dirangkai dengan penyerahan bantuan Alat pelindung diri dan pelampung kepada perwakilan nelayan yang diserahkan langsung oleh Bupati Kotabaru beserta forkopimda.

Pada kesempatan itu juga, Bupati Kotabaru beserta Forkopimda melepas secara langsung keberangkatan nelayan tangguh ke laut untuk mencari ikan.

Selain bupati kotabaru, hadir juga dalam acara Danlanal Kotabaru, kapolres kotabaru, dandim 1004/ Kotabaru, ketua DPRD Kotabaru, kepala SKPD, camat Pulaulaut Utarabeserta kepala desa rampa dan jajaran, babinsa, babinkamtibmas, babinpotmar, dan warga nelayan. (wr/riz)