Vaksin COVID 19 Tiba Di Medan.

36

Medan,www.sinarpagiindonesia.com – Vaksin Covid-19 tiba di Medan melalui Bandara Kualanamu, Deliserdang, Selasa (05/01/21) sekitar pukul 06.50 WIB dengan menggunakan pesawat Lion Air. Vaksin Sinovac buatan China ini selanjutnya akan dibawa Dinas Kesehatan Sumut ke gudang Dinas Kesehatan untuk disimpan sementara waktu.

Vaksin itu nantinya akan disimpan di tempat penyimpanan khusus di gudang Dinkes Sumut,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit, Senin (4/1/2021).

Dia mengatakan, jatah vaksin sudah ditentukan pemerintah pusat. Data penerima vaksin diambil dari BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami nggak ada mengajukan, ikut petunjuk dari sana aja. Misalnya tenaga kesehatan butuh berapa, segitu kami ajukan. Seluruhnya menggunakan sistem dan datanya mereka peroleh dari BPJS. Kemudian dari operator seluler, lalu data pekerja dari BPJS Ketenagakerjaan. Data itu kemudian diolah oleh KPC PEN, dari situ kita di-SMS sama dia,” ucapnya.

Oleh karena itu kata Alwi, bagi masyarakat penerima vaksin nantinya akan mendapatkan SMS.

“Masyarakat yang di-sms ini nanti membuka aplikasi pedulilindungi. Nanti akan dapat jawaban, apakah termasuk yang akan mendapatkan vaksin atau tidak,” ucapnya.

Belum ada jadwal vaksinasi. Untuk jadwal vaksinasi, kemungkinan akan berlangsung pertengahan bulan Januari 2021. (spi/red)