55 Narapidana Rutan Kotabumi Dibebaskan Menjelang Idul Adha 1442 H

493

Lampura, M sinarpagiindonesia.com – Nampak senyum sumringah dari 55 Narapidana atau warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB Kotabumi Lampung Utara dibebaskan setelah mendapatkan asimilasi Covid 19 satu hari menjelang hari raya Idul Adha 1442 H tahun 2021.

Kepala Rutan Kelas IIB Kotabumi, Muhlisin Fardi, A.Md.IP., didampingi Kasubsie Bimbingan Klien Dewasa (BKD),M. Amran Faisol menjelaskan dari 83 orang warga binaan yang mendapatkan asimilasi Covid 19 di tahun 2021, 55 orang langsung dibebaskan.

“setelah sebelumnya pendataan warga binaan yang memenuhi syarat mendapatkan asimilasi berupa kelengkapan dokumen maupun persyaratan substantif ada 83 orang dan 55 langsung bebas hari ini” kelas Muhlisin, Senin (19/07/2021).

Setelah dibebaskan atau dipulangkan kerumah Lanjut Karutan, Narapidana masih diwajibkan lapor dan dalam pengawasan yang ketat dari Rutan Kotabumi dan apabila tidak mampu menjaga sikap baik maka dikenakan Sanksi.

“asimilasi ini berdasarkan penetapan dari Kemenkumham RI nomor 24 tahun 2021, namun apabila ternyata warga binaan yang dipulangkan tidak mampu menjaga sikap baik apalagi mengulangi tindak pidana maka akan di jemput kembali dan menjalani masa tahanan serta ditambah lagi hukuman” tambah M. Amran.

Salah satu Narapidana yang mendapatkan asimilasi tersebut menyampaikan bahwa pengalaman pahit yang dijalani ketika berada di dalam tahanan akan menjadi pelajaran berharga dalam hidupnya.

“tidak akan lagi bang, terulang karena seenak-enaknya tahanan tidak ada yang enak, kapok seumur hidup saya” seloroh Napi tersebut.

Dalam pantauan awak media nampak para Narapidana yang dibebaskan sebagian telah dijemput dan disambut oleh pihak keluarga, setelah dilakukan sujud syukur bersama atas kebebasan mereka, tahanan langsung pulang menuju rumah mereka masing-masing.(SPI/biro/*)