Bupati Dairi : Skill Kepala OPD Menghadapi Wartawan Belum Maksimal

150

Dairi,sinarpagiindonesia.com – Kominfo Kabupaten Dairi melakukan ramah tamah dengan para Jurnalis dilakukan Jumat ( 17/6) di Gedung Sada Ahmo, Jalan 45 Sidikalang Kabupaten Dairi.

Hadir sebagai narasumber dalam dialog tersebut Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu didampingi, Kadis Kominfo, Aryanto Tinambunan berjalan alot, berbagai pertanyaan datang dari wartawan dari berbagai media.

Pertanyaan seputar masih sulitnya para awak media meraih informasi langsung dari kepala OPD sekaligus dianggap tidak mempedomani undang undang keterbukaan informasi publik (KIP)

Jika diminta informasi lebih detail, para kepala OPD berdalih gak bisa memberikan, dengan dalih rahasia negara, ujar Wartawan.

Menyikapi hal itu, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu, mengakui menghadapi junalis memang perlu skil dan itu memang tidak mudah.

“ manusia memang gak ada yang sempurna dan para kepala OPD berkomunimasi dengan wartawan banyak yang kurang skill dan ini sebagai masukan”

Bupati Dairi langsung memerintahkan kepada Kadis Kominfo Kabupaten Dairi, Aryanto Tinambunan agar hal ini bisa sebagai koreksi agar mencari format yang cocok agar menjadi bahan didiskusikan kedalam.

Karena menurutnya media itu merupakan salah satu pilar demokrasi dan bisa sebagai kontrol dan bisa sebagai pemberi masukan

“ media banyak infomasi langsung dari grass road bisa dijadikan bahan koreksi, Jika ada yang dirasakan kurang agar diperbaiki” ungkapnya.

Ketika media SPI menanyakan seputar janji masa kampanye 3 tahun lalu akan menjadikan Dairi unggul. Dan dimana letak unggulnya setelah 3 tahun menakhodai daerah penghasil kopi ini?

Bupati Dairi menjawab unggul yang dimaksud adalah sebuah cita cita soal bagaimana itu? pemerintahan Kabupaten Dairi dibawah kepemimpinannya mesti berjalan.

Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan prioritas kerjanya adalah bidang digital sesuai dengan kebutuhan jaman.

Disebutkan lagi, dia bukanlah ahli semua bidang “ saya bukan ahli pertanian, bukan ahli infokom dan bukan ahli kesehatan dan saya adalah manusia biasa Cuma punya tekat keinginan 5 tahun dari hidup saya ada membaktikan diri di kampung halaman dan para kepala OPD lebih mempunyai keahliannya masing masing”

Kendati demikian kata Bupati Dairi, sekarang RSU Sidikalang telah mempunyai ruangan ICU standard nasional dan sedang mengusulkan ahli forensik ada di RSU Sidikalang.

Dan terakhir Eddy Keleng Ate Berutu memaparkan Kabupaten Dairi merupakan satu satunya di Sumatera Utara dapat jatah 5000 orang warga Dairi dilatih digitaltel, ujarnya (spi/ginting)