Cegah Pungli Dan Praktek Percaloan,Sie Propam Sidak Dan Awasi Tempat Pelayanan Kepolsian

416

Pekalongan,sinarpagiindonesia.com – Guna mencegah atau mengantisipasi terjadinya pungutan liar dan praktek percaloan, Polres Pekalongan memperketat pengawasan semua fungsi pelayanan kepolisian kepada masyarakat. Pengawasan itu sendiri dilakukan oleh Sie Propam Polres Pekalongan.

Seperti siang tadi Senin (3/2/2020) sekira pukul 10.30 Wib, Sejumlah anggota Sie Propram secara mendadak mengecek sejumlah pelayanan Polres Pekalongan. Beberapa tempat pelayanan yang diawasi, diantaranya Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) yang berada di Mapolres Pekalongant. Pengawasan dilakukan baik di bagian registrasi atau pendaftaran, ruang uji teori sistem audio visual, lokasi uji praktik, maupun ruang foto.

Tak sampai di situ saja, Anggota Sie Propam juga mengawasi pelayanan petugas baik di bagian loket pendaftaran maupun di cek fisik kendaraan di kantor Samsat Kabupaten Pekalongan. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa di kantor Samsat tersebut tidak ada pungli ataupun percaloan.

Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko, S.I.K., M.Si melalui Kasubbag Humas AKP Akrom mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Sie Propam Polres Pekalongan adalah untuk mengawasi pelaksanan pelayanan kepada pemohon SIM maupun pelayanan di kantor Samsat Kabupaten Pekalongan. Sehingga nantinya di tempat tersebut bebas dari pungutan liar dan praktek percaloan, tegas AKP Akrom.

Dari hasil pemantauan dan pengawasan oleh Sie Propam bahwa pelayanan yang dilakukan oleh petugas sudah sesuai SOP. Misalnya di Satpas SIM dan pelayanan cek fisik Samsat Kabupaten Pekalongan, petugas juga sudah memasang spanduk yang berisi informasi mekanisme pembuatan SIM dan cek fisik kendaraan.

Namun demikian, pihaknya menambahkan pengawasan dan pengecekan akan secara rutin dilakukan oleh Sie Propam guna untuk mencegah terjadinya pungli dan praktek percaloan, tegas Kasubbag Humas Polres Pekalongan AKP Akrom. (SPI/Yuli-Er$hi)Rus/hen/bay