Deklarasi Dewan Pemuda Lintas Etnis Kalbar Berlangsung Sukses

153

Pontianak, www.sinarpagiindonesia.com – Deklarasi pembentukan Dewan Pemuda Lintas Etnis Kalimantan Barat yang dihadiri sejumlah tokoh pemuda maupun tokoh adat di Hotel Kapuas Palace Pontianak, Kamis (28/10) berlangsung sukses. Acara ini bertepatan dengan hari sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 2021.

Guntur Perdana, SH, MH, selaku ketua panitia pelaksana, menjelaskan deklarasi Dewan Pemuda Lintas Etnis Kalimantan Barat (Kalbar) ini merupakan suatu organisasi untuk memberikan informasi dan membantu menyelesaikan permasalahan bila terjadi di tengah masyarakat.

Guntur juga mengungkapkan dalam program kerja kedepan ada visi misi besar “Salah satu yang kami sebutkan adalah karena akan menciptakan rekonsiliasi di wilayah Kalimantan Barat”, jelas Guntur.

” Di samping itu sebenarnya berkaitan dengan empat pilar, juga tentang wawasan kebangsaan”, ujar Guntur.

“Kami hanya ingin membangun persatuan artinya ke depan itu bagaimana para pemuda di Kalbar itu agar semakin merapatkan barisan untuk bersatu demi majunya Wilayah Kalimantan Barat itu saja untuk membangun persatuan”, tambah Guntur .

“Jabatan saya sebagai majelis tinggi ya jadi ketua ketua ormas itu majelis tinggi semua karena kita sistemnya presidium deklarasi di Kalimantan Barat”, tambahnya lagi.

“Dewan pemuda lintas etnis konsisten dan berkomitmen untuk mengawal Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa melalui pengamalan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya berbangsa dan bernegara sendi-sendi kehidupan sebagai manusia yang Pancasila itu Kiranya yang akan dapat menuntun kita untuk senantiasa diri terhadap segala itu yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan demi martabat dan integritas bangsa sebagai negara yang berdaulat dalam rangka mewujudkan cita-cita Luhur kemerdekaan”, ungkap Guntur.

Sementara itu Gubernur Kalbar H.Sutarmidji SH,M.Hum melalui Kadis Transmigrasi Manto, M.Si dalam sambutan tertulisnya mengucapkan selamat atas deklarasi lintas etnis ini.

Dia mengharapkan agar para pemuda lintas etnis dapat menjalin hubungan yang harmonis dan bersinergi dalam mengisi pembangunan di Kalbar.(spi/dng)