Dinas Perikanan Kotabaru Serahkan Bantuan Bagi Kelompok Nelayan Sumber Laut

482

Kotabaru,www.sinarpagiindonesia.com – Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Perikanan setempat menyerahkan bantuan berupa Sarana Pengembangan Usaha Nelayan dari Derektorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun anggaran 2020 kepada kelompok nelayan Sumber Laut Desa Rampa Lama Kecamatan Pulau Laut Utara.

Penyerah bantuan tersebut bertempat di halaman Kantor Dinas Perikanan Kotabaru, Senin (16/11) yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Perikanan Drs H Zainal Arifin, MM kepada ketua kelompok nelayan Sumber Laut dan disaksikan oleh jajaran Dinas Perikanan dan anggota kelompak nelayan Sumber Laut.

Kepala Dinas Perikanan Kotabaru H Zainal Arifin saat dijumpai Kalselpos mengatakana, bantuan yang diserahkan kepada kelompok nelayan ini merupakan bantuan dari Kementerian yaitu Kendaraan Roda Tiga Berisolasi sebagai mana diketahui tahun ini Kementerian banyak mempasilitasi kegiatan-kegiatan untuk Pemerintah Kabupaten salah satunya bantuan sarana dan prasarana bagi nelayan.

“Sebenarnya kita diberi kesempatan banyak untuk mengusulkan bantuan-bantuan dari Kementerian akan tetapi keterbatasan waktu sehingga hanya satu kelompok nelayan Sumber Laut Desa Rampa Lama yang sempat kami usulkan dengan syarat yang lengkap,” ucap Kadis Perikanan.

Lebih jauh dijelaskannya bahwa, masih banyak kawan-kawan kelompok nelayan yang menginkan alat seperti ini seperti Pulau Laut Barat, Pulau Laut Timur, Pamukan Selatan, Pudi dan masih banyak yang lain yang mana alat ini tentunya sangat berguna sekali terhadap para nelayan kecil yang saat panen tangkapan hasil laut dimana kadang-kadang tidak bisa terjual pada saat itu sehingga alat ini dapat menampung ikan, kepiting, cumi dan yang lain hingga tidak rusak.

Alat ini merupakan sarana dan prasarana trasportasi angkut bagi nelayan untuk membawa ikan menuju kepasar atau ketempat pemasaran yang lain sehingga dengan menggunakan alat ini ikan atau tangkapan yang lain tetap segar dan tidak rusak didalamnyanpun dilengkapi dengan freezer dan kapasitas
muatnya 320kg, ini sudah cukup bagi usaha kawan-kawan kelompok nelayan di Desa Rampa Lama.

Ada berberapa titik yang memang yang menjadi sentral produksi tangkap untuk bongkar muat tangkap semoga ditahun 2021 mendatang kita mendapatkan bantuan lagi dari Kementerian. Kegiatan tahun depan tentunyan kita mendapatkan bantuan untuk Gudang Beku satu unit senilai 1,6 Milyar dari Kementerian,” tambahnya.

“Saya berharap kepada kelompok nelayan Sumber Laut ini agar dapat memanfaatkan secara maksimal dan digunakan untuk kepentingan-kepentingan kelompok untuk dapat memasarkan barang-barangnya kepasar sehingga kualitas barang atau ikan yang dibawa tetap terjaga dengan baik,” ungakpanya.

Kepada kelompok nelayan Sumber Laut Desa Rampa Lama ini dapat menjaga dan merawat bantuan yang diberikan ini sehingga dapat dipergunakan dalam waktu yang lama, dan juga memberikan manfaat bagi nelayan khususnya di Desa Rampa Lama ini,” harapnya.

Ketua kelompok nelayan Sumber Laut Hamdani juga menyampiakan, terima kasih kepada Kepala Dinas Perikanan yang sudah membantu dalam mendapatkan bantuan ini, apa yang sudah disampaikan tadi tentunya kami akan menjaga dan merawat bantuan ini dengan sebaik-baiknya.

“Sebelum bantuan ini didapat kami para nelayan kecil untuk mengawetkan ikan harus memakai gabus dikasih es batu baru dibawa kepasar, itu pun ikan masih ada yang rusak tapi dengan alat ini tentunya kami sangat bersyukur ikan yang akan pasarkan nanti tidak akan rusak dan tetap segar,” tandasnyan.(spi/nn/rz)