Disbudpar Kotabaru Manfaatkan Potensi Alam Dan Kerajinan Tangan Sebagai Destinasi Wisata

100

Kotabaru,www.sinarpagiindonesia.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten kotabaru merupakan salah satu wilayah di Provinsi Kalimantan Selatan, yang memiliki banyak potensi Destinasi Wisata khususnya wisata pantai dan gunung Meranti yang ada di kabupaten kotabaru.

Hal tersebut patut dikembangkan semaksimal mungkin guna menarik perhatian para masyarakat lokal maupun luar untuk berkunjung ke daerah tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kabupaten kotabaru Khairian Ansari mengatakan, potensi yang ada di wilayah kabupaten kotabaru cukup beragam, diantaranya yang lebih menonjol, yakni potensi alam yang masih asri dan banyaknya pengrajin bahan lainnya.

“Kita memiliki alam yang asri dan para pengrajin dan sebagainya di wilayah kabupaten kotabaru yang menjadi potensi yang terus kita kembangkan,” ucap Khairian kepada awak media, Jumat (27/11/20).

Pengembangan potensi tersebut, lanjut Khairian bukan isapan jempol. demi keseriusan masyarakat untuk menjadikan sebagai salah satu lokasi destinasi wisata yang sangat serius. hal tersebut dibuktikan pihaknya dalam mengelola potensi yang ada.

“Keseriusan itu dilihat dari kegiatan gotong-royong yang digelar warga secara swadaya dalam menyiapkan fasilitas penunjang untuk memetik perhatian pengunjung. diantaranya, mempercantik dan memfungsikan wisata yang ada,” ungkapnya.

Dari segi alam, terang Khairian, memiliki alam yang Asri, artinya masih banyak yang belum terjamah oleh tangan-tangan nakal  manusia. kabupaten kotabaru merupakan daerah pantai yang luas dan air laut membiru membentang di pinggiran pantai, sehingga sangat potensial dijadikan wisata pantanya.

“Makin ke dalam maka pemandangannya makin terlihat dan penuh tantangan dengan bentangan ombak, untuk wisata pegunungan seperti gunung mamake dan Bukit Meranti memperlihatkan keindahan tersendiri dengan pemandangan laut selat kotabaru,” tuturnya.

Ia berharap dengan adanya potensi ini, kedepan adanya perhatian khusus oleh pemerintah melalui dinas-dinas terkait dalam pengembangan wisata yang ada di kabupaten kotabaru ini agar lebih baik lagi, dan ini perlu promosi maupun pengembangan-pengembangan selanjutnya.

“Kabupaten kotabaru juga masih memiliki dan memegang erat budaya khas Dayak, Banjar dan suku Bugis yang ada di wilayah kabupaten kotabaru saat ini. kita berharap perlunya perhatian oleh seluruh Stakeholder yang ada untuk pengembangan wisata yang ada di kabupaten kotabaru,” harap Khairian.(spi/rz)