Gelar Simulasi Sispamkota, Polres Kotabaru Siap Pengamanan Gangguan Pilkada 2020

209

Kotabaru, sinarpagiindonesia.com – Dalam rangka memantapkan kesiapan personil. Polres Kotabaru gelar simulasi peragaan penanganan  gangguan Pilkada serentak tahun 2020 bertempat dihalaman Siring laut kotabaru. Selasa, (07/7).

Kegiatan simulasi Sispamkota dengan sandi Operasi Mantap Brata telabang 2020 kali ini, guna melatih kesiapan anggota guna peragakan tahapan prosedur penanganan dan penanggulangan gangguan pilkada serentak tahun 2020 meliputi penanganan situasi pengamanan Pilkada.

Ini bentuk partisipasi Polres kotabaru dalam mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Polda Kalsel, peragaan simulasi Sispamkota kali ini melibatkan Personil satuan Dalmas Polres kotabaru, personel Ditsamapta Korp Sabhara Polres kotabaru, Personel Propam Polres kotabaru, Kodim 1004/kotabaru, Danlanal kotabaru, Satpol PP kotabaru, Dinas perhubungan kotabaru.

Arahan Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr Nico Afinta,SH.SIK.MH melalui Kasubdit Gasum Dit Sabhara Polda Kalsel AKBP Drs Joko Sumantri mengafresiasi terkait dengan penampilan dan kekompakan yang telah ditampilkan oleh para anggota Polres kotabaru, yang rekan rekan tampilkan tampak sempurna, penampilan yang baik.

Untuk mendasari pelaksanaan yang di laksanakan di setiap Polres maupun Polresta adalah P2K atau tujuh program perintah Kapolri pada program pemantapan harga bebas, ada kegiatan meningkatkan kehadiran negara pada lokasi dan jangkauan. mulai dari tahap pengaturan, penjagaan, dan beberapa insiden peristiwa yang terjadi.

“Meski cuaca tidak bersahabat saat ini, namun rekan-rekan para anggota Polres kotabaru tetap menampilkan yang terbaik,” ucap Joko

Sehingga lanjut Joko, sesuai dengan kebijakan dari Kapolda Kalsel dengan Kamtibmas untuk menguatkan kepekaan terhadap situasi global, nasional, regional, serta lokal, ada tiga hal yang perlu kita ketahui.

Pertama, untuk pencegahan penyebaran Covid-19, kedua tentang masalah karhutla, dan ketiga mengenai tentang pilkada serentak. perlombaan ini sesuai dengan surat Kapolri tentang perintah pelaksanaan kegiatan bidang fungsi dan tugas Sabhara antar Polres dan Polresta.” ungkapnya.

Disela-sela kegiatan Kapolres AKBP Andi Adnan Syafruddin, SH.SIK.MM mengucapkan” kepada anggota Dalmas Polres kotabaru yang sudah menyiapkan simulasi jauh hari, untuk program yang telah diselenggarakan oleh Polda Kalsel. ini adalah salah satu strategi Polda Kalsel untuk melihat kesiapan menghadapi Pilkada nanti, kegiatan Dalmas ini semua tidak boleh terlalu percaya diri kalau semuanya di anggap baik dan aman-aman saja.

“Untuk itu, ucap Kapolres, Polri harus siap dalam segala situasi dan kita tetap berupaya agar Kamtibmas berjalan dengan baik dan aman, terkait dengan pilkada tersebut. pastikan ada yang menang atau kalah, ini jangan sampai merusak tali persaudaraan,” ujar Kapolres.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut berperan serta dalam mendukung dan melancarkan kegiatan simulasi tersebut, atas kehadiran semua personil dalam kegiatan tersebut hingga bisa berjalan sesuai dengan harapan bersama.

“Untuk itu saya (red) berharap perbedaan pilihan itu wajar, dan kalau bisa jangan sampai ada merusak persatuan dan persaudaraan kita.” ujar Kapolres mengingatkan.

Kegiatan simulasi turut hadir Tim penilai Polda Kalsel AKBP Drs Joko Sumantri, AKBP Andi Adnan Syafruddin, Waka Polres kotabaru Kompol Doli M Tanjung, Kompol Sumarjan Polda Kalsel, AKP Trias Inanggara Polda Kalsel, AKP Tukiman Polda Kalsel, AKP Totok Sutoyo B Saijo Polda Kalsel, dan jajaran perwira Polres kotabaru.(riz/wr)