HUT Hari Jadi Subulussalam Ke 59 Tahun PJKS Turut Andil Memeriahkan Pakaian Adat Jawa Dodotan

101

Aceh,Subulussalam,sinarpagiindonesia.com – Memperingati Hari Jadi Subulusalam yang ke 59 Tahun Berbagai suku Etnis ikut memeriahkan dan menampilkan pakaian Adat Daerahnya masing masing di lapangan Sada kata.

Setelah selesai upacara yang di pimpin oleh Walikota Subulussalam H.Alfan Alfian Bintang.SE. Selasa(14/09/21) dalam rangka memperingati hari jadi Subulussalam ke 59. Paguyuban Jawa Kota Subulussalam ( PJKS ) turut serta memeriahkan kegiatan tersebut dengan menampilkan pakaian adat Jawa dodotan.

Pakaian dodotan merupakan warisan peninggalan budaya  Kerajaan Mataram yang masih banyak digunakan,terutama dalam acara pernikahan dan acara adat lainnya. Pakaian dodotan  tersebut memiliki makna dan filosofi yang dalam, dimana dalam setiap elemen dan riasannya mengandung simbol.

Kita berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pakaian adat ini diperagakan oleh Ananda Arif Aditya dan Shakila Gusti Andini di bawah binaan paguyuban Jawa Kota Subulussalam. Sulistiono Marta.

Paguyuban Jawa Kota Subulussalam adalah wadah silaturahmi dan pelestarian kebudayaan Jawa yang anggotanya adalah warga kota Subulussalam yang bersuku Jawa baik pria maupun wanita, yang siap bersinergi dengan suku-suku lain.

Dalam hal ini pemerintah dalam pelestarian kebudayaan dan kemajuan kota Subulussalam ucap humas PJKS Subur Scandi Saputra yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Kami atas nama pengurus dan anggota paguyuban Jawa Kota Subulussalam mengucapkan selamat hari jadi di Subulussalam yang ke 59 harapan kami Subulussalam semakin maju dan berkembang dalam bingkai “Bhinneka Tunggal Ika. “Demikian di tambahkan oleh pria yang akrab di sapa Mas BOOR ini.(spi/sjp)