Kajati Kalbat Sampaikan Paparan Desk Evaluasi Predikat WBK Menuju WBBM Secara Virtual

35

Pontianak, www.sinarpagiindonesia.com – Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat Dr. Masyhudi, SH. MH, didampingi Wakajati Kalbar, para Asisten dan Kabag TU, memaparkan secara virtual desk evaluasi predikat WBK menuju WBBM Kejati Kalbar dihadapan Tim Penilai Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi .

Pemaparan itu disampaikannya Pada hari Rabu, tanggal 24 Nopember 2021, jam 10.00 Wib, bertempat di Kantor Kejati Kalbar.

Pada pokoknya paparan yang disampaikan Kajati Kalbar bahwa Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat merupakan salah satu Satker yang dapat meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani,.

“Tentunya dengan kesempatan ini Kejaksaan Tinggi akan memaksimalkan pelayanan, berinovasi, memaksimalkan setiap sarana prasarana yang ada dan membuat langkah mitigasi resiko yang akan terjadi pada setiap kegiatan yang kemungkinan dapat menimbulkan suatu resiko pekerjaan”, ungkap Humas Kajati Kalbar Panja, Rabu, 24/11 di Pontianak.

Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat telah memperoleh Predikat WBK pada tanggal 19 Desember 2019.

Pada saat WBK Kejati Kalbar telah melakukan 6 (enam) Area Perubahan sesuai dengan Permenpan RB Nomor 10 Tahun 2019 tentang Perubahan Permenpan RB Nomor 52 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah.

“Kita terus berbenah diri dalam rangka upaya merubah model Pelayanan Birokrasi yang sebelumnya masih Kaku, linier, berbelit belit dan terjebak pada Rutinitas terkesan minta dilayani menjadi pelayan Publik yang Cepat, Inovatif, efektif, humanis dan tidak kolutif serta melayani”, tandasnya.

Kejaksan Tinggi Kalimantan Barat berkomitmen memberikan pelayanan Prima kepada Masyarakat sesuai dengan Mottonya “ KEJATI KALBAR-PRIMA”

“Untuk  itu kami yakin, percaya, berkomitmen dan akan terus melakukan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani yang dilakukan dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi”, tambahnya.

Salah satunya Peningkatan Yang dilakukan Pada Area I (Manajemen Perubahan) yaitu:
1. Melakukan perubahan pola pikir (mindset) pegawai dan instansi lain terhadap peran Kejaksaan di Masyarakat.

2.Kajati Merubah Mindset Pegawai agar lebih Religius dengan melakukan kegiatan Siraman Rohani atau kegiatan keagamaan.

3. Kajati Merubah Pola Pikir masyarakat dan Instansi lain tentang Kejaksaan Yang Ramah dan Berhati Nurani yang ditunjukkan dengan menjadi narasumber dalam Penerangan Agama Islam dan Aliran Kepercayaan masyarakat .

“Peningkatan Yang dilakukan Pada Area II (Penataan Tatalaksana)
Selain kita telah membuat SOP pada masing masing bidang Peningkatan yang telah dibuat, Program Prioritas dengan mengembangkan Inovasi IT”, tandasnya.

Antara lain Program Prioritas dengan mengembangkan Pelayanan/ Pendampingan  Hukum Gratis kepada Masyarakat melalui “SIKUMBANGDARA” yang berada di bandara Supadio Pontianak dan juga dikantor untuk memudahkan warga/masyarakat mengakses website WWW.Sikumbangdara.com atau menghubungi Whatshap Sikumbangdara dengan nomor Handphone: 082149875046.

” Mengembangkan Inovasi IT Pelayanan Terpadu Satu Pintu pada website Kejati Kalbar secara online berupa e- Buku Tamu, Informasi pelayanan Perkara, Pengaduan Masyarakat dan e-Survey.
Peningkatan Yang dilakukan Pada Area III (Penataan Sistem Manajemen SDM) “, tambahnya (spi/dng)