Malam Takbiran Idul Adha Kapolres Batu Bara Gelar Operasi Yustisi

26

Batu Bara,sinarpagiindonesia.com – Berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Instruksi Menteri Dalam Negeri RI Nomor 20 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro dan mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Desease 2019 di tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendalian penyebaran Corona Virus Desease 2019, Tim Gabungan TNI – POLRI dan Pemkab Batubara menggelar Operasi Yustisi di malam Takbiran Idul Adha 1442 H, Senin (19/7) di mulai sekitar pukul 19.30 Wib.

Sebelum Operasi Yustisi dimulai, Kapolres Batubara AKBP H Ikhwan Lubis SH MH pimpin Apel Kesiapan Pelaksanaan Tugas di halaman Mapolres Batubara sekaligus memberikan arahan.

Dalam arahannya, Kapolres Batubara mengajak para personil untuk melaksanakan tugas dengan Ikhlas semata-mata karena kemanusiaan. “Dalam pelaksanaan tugas malam ini secara teknis akan diarahkan oleh Kabag Ops Polres Batubara Kompol Hendri ND Barus SH. Saya tekankan tidak ada personil yang bertindak dengan arogansi, laksanakan tugas dengan tegas namun humanis,” pinta Kapolres.

Kapolres juga menyebutkan sesuai dengan Intruksi Mendagri, pihaknya melaksanakan pembatasan dalam giat masyarakat agar tidak timbul klaster baru Covid-19 dan diharapkan kasus Covid-19 harian tidak meningkat.

“Sesuai data yang ada, lokasi yang rawan keramaian masyarakat di Kec.Air Putih dan di Kec. Sei Suka. Jadi target sasaran kita pada malam ini mengarah di wilayah tersebut. Diharapkan malam ini tidak ada kerumunan apapun yang terjadi di wilkum kita,” pungkas Kapolres yang terkenal dermawan itu.

Screenshot 1272

Dalam surat Perintah Kapolres Batubara No. Sprin / 717/ VII / 2021 tentang giat penyekatan pencegahan Covid-19 dan No. Sprin /731/VII /2021 tentang giat patroli antisipasi malam takbiran Idul Adha 1442 H, Operasi Yustisi yang digelar sekaligus melakunan tes Swab Antigen kepada para pengunjung cafe di wilayah hukum Polres Batubara.

Adapun jumlah personel yang dilibatkan dalam Operasi Yustisi terdiri dari 79 personil Polres Batubara, 14 Personil TNI, 4 Personil Satpol PP, Dishub 4 personil dan 6 Tim medis.

Untuk jenis kegiatan, pihaknya akan melaksanakan gatur Lalin, melakukan teguran dan memberikan Masker terhadap para pengendara yang tidak mematuhi prokes yang melintas dari Wilkum Polres Batubara.

Memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, pelaksanaan SWAB Antigen terhadap masyarakat yang dilaksanakan secara acak pada pos penyekatan di Lapangan Indra Sakti Indrapura dan lokasi rawan giat masyarakat lainnya.

Selain itu, melaksanakan penyerahan paket makanan dan minuman serta suplemen multi vitamin terhadap personil di Pos Penyekatan Lima Puluh dan Pos Penyekatan Simpang Kuala Tanjung sebagai dukungan moril dari pimpinan terhadap personil yang melaksanakan tugas di lapangan, melaksanakan himbauan dan pembubaran kerumunan masyarakat. penyekatan jalan dan patroli antisipasi malam takbiran dalam rangka Idul Adha 1442 H.

Untuk hasil yang dicapai dilakukan Swab Antigen secara acak kepada pengunjung kafe dengan rincian, pada Kafe Angkringan Mology Simpang Bodrek Kec. Sipare Pare Kab. Batubara dilakukan tes Swab terhadap Fahri Septian (23) warga Kuala Tanjung (negatif), Michael (19) warga Kuala Tanjung (negatif), Satria F (17) warga Sipare Pare (negatif), Wahyu Pradana (21) warga Tanjung Seri (negatif) dan Yogi Yuharsyah (23) warga Tanjung Gading, (negatif)

Begitu juga di Café Kreji Pubs Kel. Indrapura Kab. Batubara dilakukan tes Swab untuk para pengunjung terhadap Juli (29) warga Simp. Nangka Air Putih (negatif), Nurul Suhada P (16) warga Desa Aras (negatif), Fahmi Harinda (24) warga Dusun Sawo Desa Sei Suka Deras (negatif), Kahfi Ramadhani (23) warga Dusun V Sri Gading (negatif), Farhan MS (19) warga Desa Lalang (negatif) dan Mhd Ikmal Lk (18) warga Kuala Tanjung,(negatif).(spi/red)