Masyarakat Sambut Haru Kunjungan Pj. Bupati Aceh Singkil Ke Desa Guha

124

Aceh Singkil, www.sinarpagiindonesia.com – Pejabat Pj.Bupati Aceh Singkil Marthunis, ST,. D.E.A meninjau Desa Guha yang belum tersentuh selama ini. pembangunan penerangan listrik dari PLN.

Rombongan pemerintah pejabat Pj.Bupati Kabupaten Aceh Singkil. Sebagai bentuk kepedulian dan rasa empati, Pejabat (Pj) Bupati Aceh Singkil Marthunis, ST,. D.E.A meninjau langsung Desa Guha yang belum ada pembangunan enerangan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), pada Kamis, (06/07/2023) sore.

Tommi Rayon Manajer PLN Rimo  menjelaskan, bahwa kendala dari PLN itu terkait pembebasan lahan yang ada di masyarakat sekitar sini.

“Sehingga menyulitkan kami dari PLN Rayon Rimo, untuk melakukan pemasangan tiang listrik ke Desa Guha Simpang Kanan ini,” ujar Tommi

“Kami dari pihak PLN syaratnya itu harus ada surat pembebasan lahan tanah dari warga setempat di areal – areal yang ingin dipasang tiang – tiang listrik. Saat kami melakukan pemasangan tiang listrik nantinya,” lanjutnya.

Selanjutnya Rommi menambahkan, terkait batang sawit milik warga terdampak dari pemasangan tiang listrik tersebut, tidak jelas persoalan ganti ruginya.

“Kalau boleh jujur, kami dari pihak PLN Rayon Rimo, dua item itu saja, yang sangat kami perlukan,ketika saat melakukan pemasangan tiang listrik nantinya,” jelas Tommi.

“Selanjutnya terkait akses jalan mobil pengangkut tiang listrik dari PLN, ketika saat memasuki desa ini,” Tambah Tommi

Karena menurut Rommi, dikarenakan menggunakan jalan kendaraan roda dua saja susah, menimal akses jalan yang dilalui, bisa untuk akses masuk mobil pengangkut tiang listrik.

Menurut Rommi, satu tiang listrik PLN itu, muatannya tersebut 1,5 ton, biasa kalau sekali angkut menimal empat batang tiang listrik.

“Karna kalau kita hanya membawa dua batang, rugi di cost mobilnya,” ucap Tommi

Selanjutnya, Markus Manik Kepala Desa Guha mengungkapkan, bahwa adapun yang tinggal di Desa Guha ada 41 Kepala Keluarga dan dengan jumlah 146 orang.

Disamping itu, Dapot Padang Kadus 1 dan Suharno Padang Kadus 2.mengatakan sangat berterima kasih atas kunjungan Pj. Bupati Aceh Singkil ke desa tersebut.
“Selama ini apapun keluhan kami selaku masyarakat Desa Guha ini bisa dikatakan tidak pernah ditanggapi, mungkin itu hanyalah perasaan kami,” sebut Dapot Padang

“Tapi itu semua, mungkin karena kesibukan beliau, jadi kami dari kalangan masyarakat Desa Guha ini semuanya. Mengucapkan terima kasih sebesar – besarnya kepada Pak Pj. Bupati Aceh Singkil, walaupun Bapak hanya Pj. Bupati Aceh Singkil, Baru bapaklah yang betul – betul menyahuti keluhan – keluhan kami masyarakat di Desa Guha ini,” kata Dapot Padang dengan nada tersedu – sedu dan terharu.juga di sampaikan¬† melalui pemberitaan beberapa media online.

Turut berhadir dalam kunjungan kerja Pj. Bupati Aceh Singkil ke Desa Guha itu, yakni; Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setdakab) Aceh Singkil Riky Yodiska, S.STP, MSi beserta staf Sugeng Ariadi. Manajer PLN Rayon Rimo, Tommi.

Camat Kecamatan Simpang Kanan Sopian, S.H, Babinsa Koramil 04 Simpang Kanan, Serda Narto, Kades Lae Gambir Irwan Maha, Kades Desa Guha, Markus Manik kades guha dan lainnya.

Diketahui, Dalam kunjungan Pj. Bupati Aceh Singkil ke Desa Guha. Ia juga menyempatkan diri untuk berdiskusi dengan warga desa tersebut.

Pj. Bupati juga sempat melihat jembatan di Desa Guha yang belum selesai. Setelah itu Pj. Bupati Aceh Singkil juga melihat pagu Anggaran Dana Desa Guha.

Selanjutnya, Pj. Bupati Aceh Singkil pamit kepada warga Desa Guha dan singgah sebentar ke Desa Lae Gambir untuk menunaikan slat Magrib. Setelah itu Pj. Bupati Marthunis melanjutkan perjalanannya kembali kekediaman masing-masing.

(spi/saur)