Pemkab Lampung Utara Potong Tujuh Ekor Hewan Qurban, Di Hari Raya Idul Adha

524

Lampung Utara, www.sinarpagiindonesia.com –┬áSurat Edaran (SE) kepada seluruh Pemerintah Daerah se-Provinsi Lampung, agar pembagian daging kurban tidak menggunakan plastik di Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah,.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara (Lampura), berencana membagikan daging kurban memakai tali, agar tidak menggunakan kantong plastik.

Sekretaris Kabupaten (sekkab) Lampura Lekok mengatakan, penggunaan sampah plastik dapat merusak lingkungan, dan pengunaan nya harus segera dikurangi.

“Mungkin di cucuk pakai tali ya dan dibagikan kepada 250 penerima yang sudah mendapatkan kupon,” kata Lekok, Kamis (29/6/2023).

Lekok menambahkan, SE tersebut sudah lama, dan sudah sempat di sosialisasikan kepada panitia kurban untuk tidak menggunakan plastik.

“Bukan hanya pembagian daging kurban saja, kedepan kita akan terapkan minuman air mineral harus menggunakan tumbler seperti yang pernah saya lakukan dulu di Tubaba,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Lampura Budi Utomo juga mengatakan, terdapat 3 021 hewan kurban yang terdiri dari sapi, kerbau, dan kambing yang dipotong saat Hari Raya Idul Adha 1444 H di Lampura.

“Pemkab pada tahun ini melakukan pemotongan tujuh hewan kurban. Satu hewan kurban sapi disembelih di halaman Pemkab,” ujar Budi.

Terkait adanya SE pembagian hewan kurban tidak mengunakan kantong plastik. Bupati berdalih bahwa sudah dilakukan pemberitahuan kepada masyarakat.

“Apabila masih ada yang mengunakan plastik harap dimaklumi, karena manusia biasa masih ada keliruan keliruan,” pungkas Bupati.

(spi/as)