Pemkab Lampura Gelar KBM Tatap Muka

520

Lampung Utara,www.sinarpagiindonesia.com Setelah sekian lama sempat tertunda, kegiatan belajar mengajar tatap muka di seluruh sekolah Lampung Utara akhirnya dimulai pekan ini. Kebijakan ini menjadi penghapus dahaga para siswa termasuk orangtua yang selama ini ‎merindukan KBM tatap muka buat buah hati mereka.

“Pelaksanaan KBM tatap muka di seluruh sekolah dari berbagai tingkatan sudah dimulai hari ini,” ucap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara, Matsoleh, Senin (8/3/2021).

Kebijakan untuk kembali membuka KBM tatap muka itu didasari oleh sejumlah pertimbangan. Pertimbangan pertama yaitu adalah untuk mewujudkan aspirasi para wali murid yang gelisah dengan KBM jarak jauh.

Wali murid mengeluhkan bahwa sistem KBM jarak jauh membuat anak – anak mereka semakin ‎betah untuk bermain game. Selain itu, sistem KBM jarak jauh juga dianggap tidak begitu maksimal dalam proses transfer ilmu atau pengetahuan.

“Jadi, KBM ini untuk merealisasikan harapan para wali murid dan siswa,” kata dia.

Pertimbangan kedua adalah penilaian atas KBM jarak jauh. Sistem ini dinilai tidak cukup mumpuni dalam proses pembentukan karakter siswa yang unggul. ‎Proses itu hanya dapat dilakukan melalui KBM tatap muka.

“Terakhir, pelaksanaan KBM ini untuk menindaklanjuti anjuran dari Kementerian Pendidikan dan ‎Kebudayaan untuk segera membuka kembali sekolah,” jelasnya.

Kendati masih dalam tahap percobaan, namun ia mengaku telah mewanti – wanti pihak sekolah untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan saat proses KBM berlangsung. Jaga jarak dan lainnya harus tetap diperhatikan. Tujuannya agar tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19 akibat KBM.

“Jam belajar juga tidak lama – lama. Paling hanya sekitar dua atau tiga jam saja,” ujarnya.(spi/biro/*)